Sukses

Parpol Absen Sosialisasi Etika, Jimly: Ada Maunya Saja ke DKPP

DKPP mengundang seluruh parpol di Gedung Bawaslu. Namun hanya sedikit yang hadir.

Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) merayakan hari jadinya yang pertama di Gedung Bawaslu, Jakarta Pusat. Dalam perayaan ini, DKPP mengundang seluruh partai politik, namun hanya sedikit yang hadir.

"Jadi sebetulnya saya berharap semua partai hadir. Tapi tidak semua partai hadir," kata Ketua DKPP Jimly Asshiddiqie di Gedung Bawaslu, Jakarta, Kamis (27/6/2013).

Padahal, lanjut Jimly, dalam perayaan ini DKPP ingin memperkenalkan etika pemilu dalam demokrasi. Namun, hampir sebagian besar parpol yang ada tidak terlihat perwakilannya.

"Mereka tidak terlalu peduli dengan pentingnya etika, pentingnya akhlak dalam pemilu. Dan ini kita boleh juga sampaikan kritik, masa kalau ada kepentingannya saja partai datang ke DKPP. Padahal kita ingin memperkenalkan sistem etika yang sebetulnya ruh dari demokrasi," ujarnya.

Mantan Ketua MK itu pun kecewa dengan banyaknya parpol yang tidak hadir. "Tapi kalau dia punya kepentingan saja datang. Diperjuangkan ke DKPP. Kasak kusuk ke mana-mana. Padahal masalah etika ini masalah serius sekali. Kita ini kan sedang bangun integritas, karena hukum kita ini sudah kacau balau ini," pungkas Jimly. (Frd/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.