Sukses

VIDEO: Pantauan Udara Saat May Day Jalanan Ibukota Lengang

Banyaknya ruas jalan utama yang diblokir pengunjuk rasa menyebabkan ruas jalan Semanggi, Tanah Abang lengang.

Demonstrasi memeringati Hari Buruh se-Dunia yang digelar besar-besar di Jakarta, membuat ruas jalan protokol Ibukota dipadati ratusan ribu buruh. Ruas Jalan di Bundaran Hotel Indonesia, depan Istana Negara, kawasan Monas dan depan Gedung DPR dipenuhi lautan manusia.

Pantauan udara NTMC Mabes Polri di Jakarta, Rabu (1/5/2013), salah satu pusat konsentrasi demonstrasi hari buruh adalah di depan Istana Negara atau di seputar kawasan Monas.

Meski Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sedang berada di Sidoarjo, Surabaya, Jawa Timur, puluhan ribu buruh tetap berunjuk rasa di depan Istana Negara. Sekitar 800 bus berukuran besar parkir berjajar mengelilingi kawasan Monas, Jakarta Pusat. Mereka berorasi di depan Istana. Ruas jalan di seputar Istana Merdeka ditutup dan dijadikan panggung orasi buruh.

Ribuan buruh dari berbagai Serikat dan Federasi buruh se-Jabodetabek tumpah ruah di jalan-jalan protokol Ibukota dalam menyambut Hari Buruh Internasional atau May Day. Sejumlah ruas jalan protokol yang menjadi pusat unjuk rasa pun ditutup.

Kerumunan massa juga terpantau di sejumlah titik seperti Gedung DPR. Banyaknya massa buruh membuat arus lalu lintas di Jalan Gatot Subroto ditutup dan dialihkan melalui Jalan Gerbang Pemuda Senayan. Meski anggota DPR memasuki masa reses namun ribuan buruh terlihat tetap berdemonstrasi di depan gerbang gedung parlemen itu.

Pemandangan serupa juga terpantau di Jalan MH Thamrin dan Jalan Jenderal Sudirman. Ribuan buruh memenuhi  sepanjang jalan protokol itu. Mereka menuju titik kumpul unjuk rasa di Bundaran HI. Dan kedua ruas jalan itu pun ditutup.

Kawasan Monas juga menjadi salah satu titik kumpul massa buruh mulai dari Patung Kuda hingga depan Istana Presiden. Massa buruh mendapatkan pengawalan ketat dari pihak kepolisian. Kawasan di dalam Monas disulap menjadi tempat parkir ratusan bus dari berbagai daerah.

Banyaknya ruas jalan utama yang diblokir pengunjuk rasa menyebabkan banyak jalan tampak lengang. Seperti di kawasan Semanggi. Ruas jalan menuju pusat perkulakan Tanah Abang yang biasanya ramai dan macet, hari ini juga terlihat lebih lengang.

Begitu pula kawasan olahraga Senayan dan sekitarnya juga lebih sepi. Ruas jalan Gatot Subroto ke arah selatan terutama di jalur Tol Dalam Kota juga lengang.(Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.