Sukses

Cuaca Buruk, Dua Dermaga di Merak Masih Ditutup

Dermaga IV dan V di Pelabuhan Merak, Banten, masih ditutup sementara sejak Kamis kemarin. PT ASDP Ferry Merak mempertimbangkan keselamatan penumpang.

Akibat cuaca buruk, dua dari lima dermaga di Pelabuhan Merak, Banten, belum dibuka. PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Ferry Merak beralasan, penutupan di dermaga IV dan V sejak Kamis kemarin dilakukan demi keselamatan penumpang.

Dampaknya hingga Jumat (11/1/2013) pagi, terjadi antrean panjang truk-truk yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera. Ratusan truk pengangkut bahan pangan dan industri ini terpaksa diseberangkan lebih lambat. Sebab pihak Pelabuhan Merak lebih memprioritaskan penyeberangan kendaraan pribadi dan bus umum.

Lamanya antrean dikeluhkan para sopir truk. Selain rugi waktu dan uang perjalanan, mereka juga khawatir barang bawaan akan membusuk dan rusak jika terlalu lama tertahan.

Sepanjang Jumat pagi, cuaca buruk yang melanda Selat Sunda dan pesisir Merak dilaporkan masih terus terjadi. Akibat kondisi ini, sebagian kapal berukuran kecil diistirahatkan sementara.

Manager Operasional ASDP Merak Nana Sutisna mengatakan, dari 34 kapal yang biasa melayani lintasan Merak-Bakauheni, kini hanya setengahnya atau sebanyak 17 unit.

Normalnya, arus pelayaran Merak-Bakauheni dilayani lima dermaga dengan jumlah kapal di atas 25 unit. Sekarang jumlah trip atau pelayaran kapal yang tercapai tidak lebih dari 50 kali per hari jauh dari jumlah normal di atas 80 trip.(Ais)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini