Sukses

Mahmoud Abbas: Kami Akan Hentikan Pendudukan Israel

Presiden Palestina Mahmoud Abbas secara tegas menyatakan akan menghentikan pendudukan Israel di wilayah Palestina.

Palestina akhirnya diakui sebagai negara di PBB usai voting Sidang Majelis Umum PBB yang mensahkan peningkatan status misi Palestina di PBB dari "Kesatuan" menjadi "Pengamat". Pengakuan ini merupakan jalan terang menuju kemerdekaan penuh Palestina.

Namun, Israel tidak terima akan hal itu. Bahkan, negara Yahudi ini akan membangun lebih dari 3.000 rumah khusus Yahudi di wilayah yang sudah diakui pihak Internasional sebagai hak Palestina.

Menyikapi hal tersebut, Presiden Palestina Mahmoud Abbas tidak akan tinggal diam. Dia secara tegas menyatakan akan menghentikan pendudukan Israel di wilayah Palestina.

Seperti dilansir ANTARA, Selasa (4/12/2012), Abbas menyatakan ada dua langkah yang akan dilakukan Palestina usai naik status di PBB. Pertama, menghentikan pembangunan permukiman Yahudi di atas tanah Palestina. Kedua, berusaha membuka blokade Gaza.

Sementara itu, Amerika Serikat memperingatkan Israel atas rencananya membangun pemukiman besar di wilayah yang diakui internasional sebagai wilayah Palestina.

Menteri Luar Negeri AS, Hillary Clinton, menyatakan langkah yang diputuskan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu ini bisa berakibat fatal. Israel dan Palestina akan sulit untuk menemui titik temu perdamaian.

"Rencana pembangunan rumah ini identik dengan kepentingan Israel. Apakah tidak ada kesepakatan lain yang lebih komprehensif dalam waktu dekat," kata Hillary. (RIZ)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini