Sukses

7 Penyerang Mapolsek Pirime Ditangkap

Polda Papua menangkap tujuh orang penyerangan Mapolsek Pirime yang terjadi pada 27 November 2012, sekitar pukul 05.00 WITA, di Kabupaten Lanny Jaya.

Polda Papua menangkap tujuh penyerang Mapolsek Pirime pada 27 November 2012,  di Kabupaten Lanny Jaya, yang mengakibatkan tiga polisi tewas, termasuk Kapolsek Pirime Ipda Rolfi Takubesi.

Kabid Humas Polda Papua AKBP I Gede Sumerta Jaya membenarkan perihal penangkapan para pelaku tersebut. Menurutnya, pada 27 November 2012, satu pelaku ditangkap saat polisi melakukan penyisiran di sekitar Pirime, pukul 10.12 WITA. Pelaku yang ditangkap berinisial YW (40 tahun). Sementara, enam orang lain dibekuk pada 29 November 2012 di Distrik Piramid, Kampung Muara Game, Kabupaten Jaya Wijaya.

"Enam orang tersebut diperkirakan terkait penyerangan di Pirime. Penangkapan di Muara Game ditemukan barang bukti berupa dua bendera Bintang Kejora, sebilah parang, 989 kartu anggota OPM, satu bendera Inggris, satu bendera Amerika, satu bendera Papua Nugini, dan satu bendera Komite Nasional Papua Barat (KNPB)," kata I Gede Sumerta Jaya, saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Jumat (30/11/2012).

Keenam pelaku saat ini berada di Polres Jaya Wijaya. Seorang pelaku yang tertangkap berada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lamena. Dia ditembak pada kaki sebelah kiri karena melawan petugas saat hendak ditangkap.

Saat penyerangan Mapolsek Pirime, selain Kapolsek, dua anggota polisi, Briptu Daniel Makuker dan Briptu Jefri Rumkorem juga tewas dengan luka bakar dan tembak dalam peristiwa tersebut. Sementara seorang polisi lain berhasil menyelamatkan diri. Pelaku tak hanya menyerang tapi juga membakar Mapolsek dan merampas senjata. (FRD)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.