Sukses

Mahasiswa di Bandung dan Makassar Tolak RUU Kamnas

Puluhan Mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Islam Unpas Bandung, Jawa Barat, Senin (29/10), berunjuk rasa depan komplek Gedung Sate menolak RUU Kamnas.

Liputan6.com, Bandung: Puluhan Mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Islam Universitas Pasundan Bandung, Jawa Barat, Senin (29/10), berunjuk rasa depan komplek Gedung Sate di Jalan Diponegoro. Mereka menolak Rancangan Undang-Undang Keamanan Nasional atau RUU Kamnas yang saat ini sedang digodok di DPR. Demonstran menilai RUU Kamnas membelenggu kebebasan berekspresi dan menyampaikan pendapat.

Dalam aksinya, pengunjuk rasa berusaha merobohkan pagar gedung wakil rakyat. Selain berusaha merobohkan pintu gerbang, mahasiswa juga membakar ban bekas. Mereka menuntut bertemu anggota DPRD menolak diterapkannya RUU Kamnas [baca: DPR Kembali Pelajari Draf Perubahan RUU Kamnas].

Belakangan demonstrasi diterima perwakilan dewan.

Tuntutan serupa disuarakan sejumlah mahasiswa di Makassar, Sulawesi Selatan. Pengunjuk rasa menganggap penerapan RUU Kamnas akan mematikan demokrasi di Indonesia.

Mahasiswa meminta pemerintah fokus kepada penuntasan sejumlah kasus korupsi dan penegakan supremasi hukum di negeri ini. Aksi mahasiswa membuat lalu lintas
terganggu.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.