Sukses

Heni Sri Sundani Raih Liputan 6 Awards 2016 Kategori Pendidikan

Salah satu kategori Liputan 6 Awards 2016 yang ditentukan adalah Pendidikan.

Liputan6.com, Jakarta - SCTV kembali menggelar Liputan 6 Awards 2016. Agenda tahunan itu merupakan ajang pemberian penghargaan untuk sejumlah kandidat berprestasi yang meraih juara dalam beberapa kategori.

Salah satu kategori yang ditentukan adalah Pendidikan. Heni Sri Sundani pun menjadi juara dan menerima penghargaan dalam kategori tersebut.

Heni adalah seorang mantan tenaga kerja Indonesia atau TKI di Hong Kong yang berjuang demi meraih gelar sarjana. Berbekal penghasilan tersebut, dia berhasil menjadi sarjana dan meraih gelar cum laude.

Saat kembali ke Tanah Air, dia melihat adanya kesulitan ekonomi di kalangan para petani di kampung halamannya, Bogor, Jawa Barat. Demi memajukan anak desa, dia pun bersama sang suami menggagas sebuah upaya perubahan bernama Gerakan Anak Petani Cerdas.

Heni mengatakan, untuk mengangkat perekonomian di kalangan para petani, pendidikan adalah kunci utamanya. Anak petani harus cerdas dan terus belajar hingga ke jenjang yang paling tinggi.

"Pendidikan adalah senjata paling ampuh memutus mata rantai kemiskinan. Untuk jadi mahasiswa berpendidikan tinggi saya harus jadi TKI. Saat itu saya berkeyakinan, pergi jadi TKI pulang harus jadi sarjana," tutur Heni di Studio 6 Emtek City, Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat, Kamis (26/5/2016) malam.

Dia pun berharap, solusi yang diupayakannya itu dapat menjadi gerakan bersama dan dilakukan oleh semua pihak di Tanah Air.

"Pendidikan adalah harapan untuk mendapat kehidupan dan masa depan yang kebih kaya. Bukan hanya SD, SMP, SMA. Saya pun berbagi karena saya pernah merasakan tidak memiliki apa-apa. Bukan karena lebih atau apa," ujar Heni.

Menko Kemaritiman Rizal Ramli pun berkesempatan menyerahkan penghargaan Liputan 6 Awards 2016 kepada pemenang dari sejumlah nominator pilihan juri.

Dalam kategori itu ada sejumlah nama yang menjadi nominasi. Di antaranya adalah:

1. Fitri Nugrahaningrum

Penyandang tunanetra yang lulus S2 program pengembangan masyarakat di UNS dan mendirikan sekolah gratis untuk anak-anak jalanan. Dia juga motivator dan memberi pelatihan keterampilan.

2. Heni Sri Sundani

Mantan buruh dan mahasiswa peraih predikat cum laude. Mantan TKI Hong Kong penggerak komunitas desa di Bogor dan menjadi inisiator Gerakan Anak Petani Cerdas.

3. M Ridwan Alimuddin

Berbekal perahu nelayan yang disulap jadi perahu pustaka, menawarkan ribuan koleksi buku gratis untuk dibaca anak-anak di pulau terpencil di Sulawesi.

4. Ridwan Hasan Saputra

Pendiri Kampung Matematika. Kegiatan belajar dengan bayaran seikhlasnya dikelola Klinik Pendidikan MIPA sejak 2001.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.