Sukses

Kemenhub: Puncak Arus Libur Panjang Malam Ini

Dirjen Perhubungan Darat menyatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan untuk persiapan libur panjang ini.

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan memprediksi puncak arus lalu lintas lewat darat dalam rangka libur panjang akhir pekan akan terjadi Rabu malam ini.

"Fenomena perjalanan sudah mulai terlihat, puncaknya malam ini. Kami sudah mengantisipasi kemacetan dengan berkoordinasi dengan sejumlah pihak," kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kemenhub Eddy Gunawan seperti dikutip Antara, Jakarta, Rabu (4/5/2016).

Ia mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan, seperti Badan Pengatur Jalan Tol, Ditjen Bina Marga, Badan Usaha Jalan Tol, Polri, Dishub Provinsi dan kabupaten/kota.


Eddy mengatakan upaya yang dilakukan oleh Kemenhub, di antaranya optimalisasi operasional dan kelancaran lalu lintas di jalan tol dengan pemberlakukan sistem buka tutup.

Dia mengatakan akan memfokuskan pengaturan di titik-titik potensi kemacetan, di antaranya Cikarang Utama, Cikunir, tempat istirahat (rest area), Cikopo KM 66, Cibubur dan Jagorawi.

"Kami mengimbau kepada para pengguna jalan untuk membawa perbekalan secukupnya, mengisi bahan bakar kendaraan, memeriksa kelaikan kondisi kendaraan dan kesehatan jasmani pengemudi serta menganjurkan penggunaan kartu elektronik untuk pembayaran tol," ujar dia.

Selain itu, lanjut dia, untuk kendaraan berat dapat mengambil jalan alternatif pantura atau pansela untuk mengurangi beban pada ruas jalan Tol Cipali.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.