Sukses

Tol Arah Cikampek Padat, Kecepatan Mobil Hanya 20 KM Per Jam

Sejak sore tadi, petugas Jasa Marga di gerbang Tol Cikarang Utara sudah melakukan strategi pertama pencegahan macet.

Liputan6.com, Jakarta - Kemacetan lalu lintas menyambut libur panjang telah dimulai. Arus lalu lintas menuju Cikampek padat merayap dari berbagai arah.

Terpantau, ruas tol Tanjung Priok-Cawang, Halim-Cikampek, Kuningan-Cawang, Taman Mini-Cikampek, dan TB Simatupang-Cikunir tersendat. Seperti terlihat di auditorium Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya.

"Laju kendaraan kami prediksi hanya 20 kilometer sampai 30 kilometer per jam. Kemacetan merata untuk kendaraan yang mengarah ke Cikampek," ujar Kepala Sub Bagian Teknologi dan Informasi TMC Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya Kompol Purwono di Jakarta, Rabu (4/5/2016).

Purwono memperkirakan, puncak kemacetan menuju Cikampek akan terjadi pukul 21.00 WIB, dengan analisa para warga yang pulang kantor akan berangkat dari kediaman masing-masing usai maghrib.

Sejak sore tadi, petugas Jasa Marga di gerbang Tol Cikarang Utara sudah melakukan strategi pertama pencegahan macet. Yaitu, sistem buka-tutup rest area dan sistem 'jemput bola' pembayaran tol.

"Kita terus memantau ya, dari jam 3 mulai macetnya. Sesuai prediksi kami, Puncak kepadatan mungkin pukul 21.00 WIB. Dari sore pun di gerbang Tol Cikarut (Cikarang Utara), pembayaran sudah manual," tutur Pur.

Selain itu, ruas tol Pluit menuju arah Bandara Soekarno Hatta juga terpantau padat. Purwono menerangkan, minat warga untuk liburan menggunakan pesawat cukup banyak, "Mungkin karena malas bermacet-macetan kalau menempuh jalur darat."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.