Sukses

Kulit Kabel Masih Ada, Gorong-gorong Dekat Istana Dibongkar Lagi

Hari ini saluran air di depan Kementerian ESDM dibongkar.

Liputan6.com, Jakarta - Petugas Dinas Tata Air Provinsi DKI Jakarta masih menyelidiki temuan limbah kulit kabel di gorong-gorong Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta.

Hari ini saluran air di depan Kementerian ESDM dibongkar. Satu truk berwarna merah terparkir di depan saluran air di sana.

"Ada perintah dari atas untuk kembali buka dan mencari sisa kulit kabel di sini," ujar salah satu petugas di lokasi, Jakarta, Minggu (6/3/2016).

Dia mengatakan, kemungkinan besar limbah tersebut masih banyak yang tersisa di dalam gorong-gorong. "Kayaknya masih banyak sisa kulit kabelnya. Makanya disuruh ke sini lagi," tutur dia.

Jajaran Pemprov DKI Jakarta menemukan belasan truk kulit kabel di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Persisnya di depan gedung Kementerian ESDM. Pembungkus kabel ini diduga menjadi biang kerok banjir di Ibu Kota.

Sementara Polda Metro Jaya menduga keberadaan kulit-kulit kabel tersebut, akibat pencurian. Sebab, polisi pernah meringkus 4 orang, terkait kasus pencurian kabel listrik milik PLN pada 2015. Para pencuri itu sehari-hari bekerja sebagai pemulung di sekitar Istana.

Mereka mengetahui ada kabel listrik yang tembaga di dalamnya mengandung nilai jual. Alhasil, mereka nekat masuk ke gorong-gorong, memotong, dan mencurinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.