Sukses

Tiba di Jakarta, Jokowi Beberkan Hasil Kunjungan ke AS

Presiden Jokowi merampungkan kunjungan kerjanya ke Amerika Serikat.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi merampungkan kunjungan kerjanya ke Amerika Serikat. Jokowi dan Ibu Negara Iriana tiba di Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma Jakarta, Jumat (19/2/2016), pukul 09.23 WIB.

Jokowi dan rombongan menempuh perjalanan selama 22 jam dari Bandara Internasional San Francisco, Amerika Serikat. Saat tiba di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, Jokowi disambut Wakil Presiden Jusuf Kalla dan para menteri Kabinet Kerja beserta Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Sebelum meninggalkan bandara, Jokowi menyampaikan hasil kunjungannya ke Amerika Serikat (AS). Hasil kunjungan Jokowi antara lain mengenai pesan perdamaian dan kesejahteraan untuk semua yang telah disampaikannya dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-AS yang berlangsung pada 15-16 Februari 2016 di Sunnylands, California Amerika Serikat.

‎Sejak awal keberangkatan ke AS, Jokowi menekankan bahwa hasil KTT ini harus bermanfaat bagi perdamaian dan kesejahteraan, baik untuk ASEAN dan AS maupun untuk dunia. Jokowi juga mengingatkan pentingnya keberpihakan terhadap UMKM di era keterbukaan ekonomi dan inovasi teknologi digital.

‎Oleh karena itu, saat berkunjung ke Silicon Valley, Jokowi juga membicarakan hal tersebut dengan CEO Facebook, CEO Google, CEO Plug and Play dan CEO Twitter.

"Saya ajak industri sosial media untuk bergabung dengan saya dalam menyebarkan nilai toleransi, moderasi dan perdamaian," ucap Presiden di Ruang VVIP  Bandar Udara Halim Perdanakusuma Jakarta.
 
‎"M‎ereka sangat antusias untuk membantu inisiatif yang saya namakan 'empowering leaders of peace'," imbuh Jokowi.‎

Para CEO tersebut, ungkap Jokowi, juga telah memberikan komitmen kerja sama pengembangan ekonomi digital. D‎engan Google misalnya, terdapat komitmen pelatihan 1.000 technopreneurs sampai tahun 2020.‎

Di Amerika rangkaian agenda kunjungan kerja Jokowi di antaranya menghadiri 2 hari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) AS-ASEAN di Sunnylands, US-ASEAN Business Council di San Francisco, hingga menyambangi pusat ekonomi kreatif Silicon Valley yang menjadi markas Facebook, Google, Plug and Play, hingga Twitter di San Fransisco.

Presiden Jokowi juga menyempatkan diri untuk bertemu masyarakat dan diaspora Indonesia yang tinggal di AS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi