Sukses

Hindari Macet Malam Tahun Baru, Ini Rekayasa Lalin di Gunungkidul

Mengantisipasi macet saat perayaan malam tahun baru, jalan menuju Wonosari, Gunungkidul ditutup sejak pukul 18.00 WIB.

Liputan6.com, Yogyakarta - Gunungkidul menjadi salah satu destinasi favorit saat pergantian malam tahun baru. Antusiasme warga yang ingin menghabiskan malam tahun baru di Gunungkidul membuat pemerintah setempat mengatur jalur lalu lintas. Khususnya di sekitar Bukit Bintang dan landmark tulisan 'Gunungkidul'.

Kepala Satuan Lantas Polres Gunungkidul, AKP Andrey Valentino mengatakan, jika dua landmark itu sering menjadi ikon untuk berfoto atau selfie bagi wisatawan. Ia meminta kepada wisatawan yang ingin selfie atau foto dengan latar belakang landmark Gunungkidul untuk tidak memarkir kendaraan di bahu jalan.

"Kita mengimbau kepada wisatawan untuk memarkir kendaraan di lokasi yang ada, jangan parkir di bahu jalan," ucap Andrey di Gunungkidul, Kamis (31/12/2015).

Andrey menjelaskan, jalur menuju Gunungkidul akan diprediksi macet. Karena itu, pihaknya akan bekerja sama dengan Polres Bantul, karena daerahnya berbatasan langsung dengan kabupaten tersebut. Khusus malam perayaan tahun baru, pihaknya menyiagakan 103 personel kepolisian dari Satlantas Polres Gunungkidul.

"Titik kemacetan itu berawal dari traffic light Piyungan, kita akan berkoordinasi dan menyiapkan tim pengurai," ujar Andrey.

Tidak hanya di daerah perbatasan, menurut Andrey, pihaknya juga akan mengatur jalur kendaraan menuju Wonosari, Gunungkidul. Pengaturan kendaraan yang masuk Wonosari, terutama bagi kendaraan roda 4 akan ditutup sejak pukul 18.00 WIB.

Dengan demikian, kendaraan dari Yogyakarta akan diarahkan melalui Ring Road Selatan dan Utara. Karena saat malam pergantian tahun, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul mengadakan acara kesenian tradisional dan pesta kembang api di alun-alun.

"Petugas berasal dari polres dan dari polsek kita siagakan semua," imbuh Andrey Valentino.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini