Sukses

4 Jalur Masuk Ancol saat Malam Tahun Baru 2016

Ancol menjadi lokasi pusat perayaan tahun baru 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Ancol menjadi lokasi pusat perayaan tahun baru 2016. Untuk mengantisipasi kemacetan saat malam pergantian tahun, rekayasa lalu lintas pun dipersiapkan.

Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Utara AKBP Sudarmanto mengatakan jajarannya dan pengelola Ancol telah mempersiapkan 4 jalur masuk kendaraan ke lokasi rekreasi Taman Impian Jaya Ancol tersebut, yakni jalur tengah, timur, barat, dan selatan. Pertama melalui Jalan Benyamin Sueb, pintu keluar Tol Kemayoran, dan Jalan Budi Mulia.

"Itu berarti masuk lewat kawasan tengah," kata Sudarmanto kepada Liputan6.com di Jakarta, Kamis (31/12/2015).

Jalur kedua adalah melalui kawasan timur, Terminal Bus Tanjung Priok, Pintu I Pelabuhan Tanjung Priok, dan Pintu Keluar Ancol Timur yang berada di sepanjang Jalan RE Martadinata serta Jalan Ancol Baru Selatan.

"Untuk kawasan barat bisa dari Jalan Raya Lodan, Jalan Kampung Bandan, pintu keluar Ancol Barat. Kawasan ‎selatan dari Jalan Gunung Sahari Raya, Jalan Mangga Dua Raya," tutur Sudarmanto.

Sementara untuk pengalihan arus lalu lintas, Sudarmanto menjelaskan, kendaraan dari arah Pintu 1 Pelabuhan Tanjung Priok menuju barat akan diputar terlebih dahulu melalui Jalan Ancol Baru Selatan menuju Kemayoran.

"Pengendara bisa masuk melalui pintu masuk Tol Kemayoran," ucap Sudarmanto.

Lalu lintas kendaraan yang melintasi Kampung Bandan atau depan Pos Polisi Bintang Mas akan dibelokkan ke kiri menuju pintu Tol Pluit dan putar balik ke arah Plumpang.

Ia menambahkan truk atau kontainer ekspor-impor yang hendak melewati kawasan Ancol akan dibelokkan ke Jalan Tol Wiyoto Wiyono. "Itu melalui akses jalan lain memutar untuk mencapai Pelabuhan Tanjung Priok. Itu pun untuk pengecualian kendaraan yang menyangkut kehidupan orang banyak."

Adapun 6 pintu masuk kawasan Taman Impian Jaya Ancol yang akan dibuka untuk pintu masuk kendaraan pada malam tahun baru nanti adalah pintu gerbang Marina, pintu gerbang utama Ancol‎ Barat, pintu gerbang utama Ancol Timur. Lalu ada juga pintu gerbang Ecopark, pintu gerbang Carnaval, dan pintu gerbang VVIP.**

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini