Sukses

PKL Bersiap Serbu Car Free Night di Malam Tahun Baru 2016

Sebagian dari mereka ada yang sudah membuka dagangannya.

Liputan6.com, Jakarta - Perayaan tahun baru di Jakarta akan diisi beberapa hiburan. Pemprov DKI Jakarta sudah menyediakan berbagai tempat hiburan yang bisa dinikmati warga. Salah satu yang bisa dinikmati adalah Car Free Night (CFN). Malam bebas kendaraan bermotor ini diselenggarakan di sepanjang Jalan MH Thamrin-Sudirman.

Selama CFN, Pemprov DKI Jakarta melarang adanya panggung hiburan. Di sini, warga Jakarta akan dimanjakan dengan suasana lengang jalan Jakarta. Namun, kondisi ini harus diwaspadai. Para pedagang kaki lima (PKL) sudah bersiap menyerbu kawasan CFN.

Kondisi ini terlihat di Jalan Medan Merdeka Selatan. Puluhan PKL sudah memarkir gerobaknya di pinggir jalan. Gerobak-gerobak itu tampak berkumpul di depan Wisma Antara.

Sebagian dari mereka ada yang sudah membuka dagangannya. Sedangkan yang lainnya memutuskan duduk-duduk sambil menunggu CFN dibuka.

Seorang PKL, Awan mengatakan, sengaja menggunakan momen CFN untuk mencari peruntungan. Seperti penyelenggaraan CFD, warga Jakarta pasti banyak yang datang.

"Niatnya mau jualan di jalan sana (CFN). Tapi kalau enggak bisa ya enggak apa-apa, jualan di sini saja," kata Awan di lokasi, Kamis (31/12/2015).

Pedagang nasi goreng ini memang biasa datang ke sekitaran Monas saat ada momen seperti ini. Dia berharap pembeli lebih banyak dari biasanya, walaupun tidak sedikit juga yang menjual nasi goreng seperti dirinya.

"Ini pasti ramai. Apalagi Monas masih buka," imbuh dia.

Hal serupa juga terjadi di Jalan Budi Kemuliaan. Para pedagang sudah berjajar di sisi trotoar untuk menunggu CFN dibuka.

Selama CFN, Jalan Thamrin-Sudirman akan ditutup mulai pukul 18.30-02.00 WIB. Selama itu pula, tidak ada kendaraan yang melintasi jalan itu.

Warga juga bisa langsung menikmati lengangnya jalan utama Jakarta ini. Petugas gabungan dari Polri, TNI, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP juga sudah siaga di sekitar Patung Arjuna Wiwaha atau Patung Kuda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.