Sukses

Jelang Tahun Baru, 5 Kantong Parkir Disiapkan di Dekat Ancol

Perayaan Malam Tahun Baru 2016 dipusatkan di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara.

Liputan6.com, Jakarta - Kawasan wisata Ancol, Jakarta Utara, salah satu tempat favorit warga Ibu Kota merayakan malam pergantian tahun. Untuk itu, polisi dan pengelola Taman Impian Jaya Ancol pun sudah menerapkan steril kendaraan di kawasan tersebut.

"(Sejak) Pukul 10 pagi tadi kita melarang kendaraan lalu lalang di (dalam) Ancol. Kita alihkan ke kantong parkir yang cukup menampung, ada 4 sampai 5 (kantong parkir) untuk ribuan motor dan ratusan mobil," ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Mohammad Iqbal di kantornya, Kamis (31/12/2015).

Pengunjung dengan kendaraan pribadi diarahkan untuk menuju kantong parkir yang sudah disediakan untuk perayaan malam Tahun Baru 2016. Sebagai gantinya, imbuh Iqbal, pengelola Ancol menurunkan 150 shuttle bus untuk mengantar pengunjung ke lokasi yang hendak mereka tuju.

Jika enggan menggunakan shuttle bus, menurut Iqbal, pengunjung tak punya pilihan selain berjalan kaki. Sterilisasi ini dilakukan untuk mencegah kemacetan parah di dalam Ancol saat mobil hendak keluar seperti 2 atau 3 tahun lalu.

Upaya lain pengelola dengan kepolisian adalah mengadang kendaraan-kendaraan yang akan masuk ke Ancol setelah detik-detik pergantian tahun.

"Pengalaman 2, 3 tahun lalu stuck. Itu tidak akan terjadi. Pukul 00.30 WIB, setelah detik-detik pergantian tahun, kita mulai menutup akses masuk Ancol. Pintu masuk kita jadikan pintu keluar semua agar menguras kendaraan di dalam," papar Iqbal.

Perayaan Malam Tahun Baru 2016 memang akan dipusatkan di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. Berbeda dari tahun sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI hanya akan mendirikan panggung hiburan di kawasan rekreasi terbesar di Jakarta itu.

Perayaan malam tahun baru di Ancol juga akan dihadiri jajaran Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) DKI Jakarta seperti Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Pangdam Jaya Mayjen TNI Teddy Lhaksmana, dan Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini