Sukses

Pesan Johan Budi untuk 5 Pimpinan Baru KPK

Johan berharap, para penyelenggara negara seperti Presiden dan DPR mendukung kinerja KPK

Liputan6.com, Jakarta -Pimpinan KPK yang baru Agus Rahardjo, Basaria Pandjaitan, Alex Marwata, La Ode Muhammad, dan Saut Situmorang dilantik Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta. Mantan Plt KPK Johan Budi berharap, 5 pimpinan KPK saat ini dapat bekerja lebih baik di banding pimpinan KPK sebelumnya.

"Didukung banyak pihak saya yakin 5 pimpinan yang baru ini adalah yang terbaik dan saya optimis juga bahwa mereka akan mampu membuat KPK lebih maju lagi," ujar Johan usai menghadiri acara acara pengambilan sumpah di Istana Negara, Jakarta, Senin, (21/12/2015).

Johan pun berpesan kepada penerusnya untuk lebih jeli dalam memperhatikan berbagai modus korupsi saat ini yang dianggap lebih canggih. Selain itu, ia berharap sumber daya yang ada di KPK menurutnya harus lebih diperkuat.

"Capacity building KPK itu harus ditingkatkan melihat banyaknya laporan pengaduan, kemampuan sumber daya manusianya," ucap dia.

Selain itu, Johan juga berharap, penyelenggara negara seperti Presiden dan DPR mendukung kinerja KPK dengan komitmen terhadap pemberantasan korupsi.

"Tanpa komitmen yang sama itu, apakah presiden, apakah DPR, terkait dengan pemberantasan korupsi, sehebat apa pun Pimpinan KPK, saya kira tidak akan berhasil pemberantasan korupsi. Jadi perlu komitmen juga dari Presiden dan DPR," tandas Johan Budi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.