Sukses

Sumpah dan Janji 5 Pimpinan Baru KPK

‎Acara dimulai dengan lantunan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Liputan6.com, Jakarta - ‎Presiden Jokowi menyaksikan sumpah 5 Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masa jabatan Tahun 2015-2019 di Istana Negara. Pengangkatan 5 komisioner KPK ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor ‎123 P tahun 2015 tentang pengangkatan pimpinan KPK masa jabatan 2015/2019. ‎Pengucapan sumpah juga disaksikan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Pantauan Liputan6.com, Senin (21/12/2015), acara tersebut digelar pada pukul 13.40 WIB. Presiden Jokowi yang mengenakan setelan jas berwarna hitam dan mengenakan kopiah berwarna hitam kemudian masuk ke tempat berlangsungnya acara dengan didampingi oleh Wapres Jusuf Kalla.

‎Acara dimulai dengan lantunan lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh korps musik Pasukan Pengamanan Presiden. ‎Setelah itu, Jokowi menyaksikan sumpah jabatan yang dilakukan 5 Pimpinan KPK, yaitu Agus Rahardjo, Basaria Pandjaitan, Alexander Marwata, Saut Situmorang, dan La Ode Muhammad Syarif yang dibaca secara bersamaan dengan didampingi oleh pemuka agama.

‎Dalam sumpahnya, mereka  siap menjalankan tugas sebagai Pimpinan KPK dengan berpegang teguh pada Pancasila dan UUD 1945. Selain itu, sebagai pejabat tinggi negara, mereka bersumpah akan menolak berbagai macam pemberian.

"Demi Allah/demi Tuhan saya bersumpah/Saya berjanji, bahwa saya tidak akan menerima hadiah atau suatu pemberian berupa apa saja, dari siapa pun juga yang saya tahu atau patut dapat mengira bahwa dia mempunyai hal yang bersangkutan atau mungkin bersangkutan dengan jabatan atau pekerjaan saya," ucap mereka dengan membaca teks yang berada di tangan masing-masing.

"Saya akan menjalankan tugas sebaik mungkin dan bertangung jawab kepada Tuhan, bangsa, dan negara," ucap mereka.

Setelah prosesi pembacaan sumpah dan pelantikan selesai dilakukan, selanjutnya Jokowi dan 5 Pimpinan KPK yang telah sah memangku jabatannya menandatangani berita acara yang disaksikan para menteri Kabinet Kerja dan peserta lainnya.‎

Selain dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla, para menteri Kabinet Kerja Jokowi-JK, para anggota Wantimpres, perwakilan dari pimpinan DPR Fadli Zon, DPD, dan MPR, 3 pimpinan KPK sebelumnya juga hadir yaitu Adnan Pandu Praja, Johan Budi, dan Zulkarnain.

Setelah pelantikan, Presiden Jokowi, Wapres Jusuf Kalla, para pejabat, dan tamu yang hadir selanjutnya secara bergantian memberikan ucapan selamat kepada Pimpinan KPK. ‎

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini