Sukses

Bromo Siaga III, Penerbangan di Malang Masih Normal

Penerbangan terganggu aktivitas Bromo jika angin mengarah ke barat atau ke wilayah Malang.

Liputan6.com, Malang - Gunung Bromo yang terletak di 4 kabupaten di Jawa Timur kini berada pada posisi siaga III sejak Jumat 4 Desember 2015. Meski begitu, aktivitas penerbangan di Bandara  Abdurahman Saleh, Malang, Jawa Timur, tetap berjalan normal.

"Kami sudah mengecek kaca kendaraan yang parkir di bandara. Tak ada abu menempel, artinya situasi normal," kata Kepala Bagian Tata Usaha UPT Bandara Abdurahman Saleh Malang, Holili saat dikonfirmasi di Malang, Selasa (8/12/2015).

Menurut dia, lain halnya jika angin mengarah ke barat atau ke wilayah Malang. Sebab hal itu akan mengganggu penerbangan di bandara.

Holili menambahkan, UPT Bandara Abdurahman Saleh terus berkoordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) hingga tim Badan SAR Jawa Timur.

"Selain memantau situasi langsung di bandara, kami juga berkoordinasi dengan pihak terkait," tandas Holili.

Di Bandara Abdurahman Saleh Malang, ada 5 operator dengan 8 jadwal penerbangan. Antara lain Garuda Indonesia flight pukul 10.10 WIB dan 12.10 WIB. Sriwijaya Air jadwal pukul 08.10 WIB, 12.20 WIB dan 14.20 WIB.

Selain itu, Citylink pada pukul 08.58 WIB, Batik Air pukul 10.00 WIB. Seluruhnya tujuan Malang-Jakarta. Satu lagi yakni Wings Air tujuan Malang-Bali pada pukul 14.50 WIB. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.