Sukses

Kodim Jakarta Utara Tangkap Polisi Gadungan, 4 Pistol Disita

Pelaku diduga mengaku sebagai anggota Reskrim Polres Depok. Diduga pula pelaku kerap melakukan pemerasan.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Komando Distrik Militer (Kodim) 0502 Jakarta Utara meringkus seorang pria yang mengaku sebagai anggota polisi di kawasan Sunter, Tanjung Priok. 4 Senjata api disita petugas dari tangan lelaki yang diketahui bernama Parsiman (40) tersebut.

Komandan Kodim 0502 Jakarta Utara Letnan Kolonel ARM Steffi Nuhujanan mengatakan, penangkapan bermula dari laporan seorang korban, Suhadak (38), yang merupakan mitra Babinsa Kodim 0502. Pelaku pada Oktober meminjam motor kepada korban dan uang Rp 200 ribu.

"Ya korban percaya sama pelaku karena pelaku selalu memakai seragam dan mengantongi pistol. Korban sebelumnya juga pernah dipinjami motor, namun selalu dikembalikan. Nah, yang terakhir pelaku lama tidak mengembalikan motor korban," kata Steffie.

Namun, saat korban melintas di kawasan Sunter, Suhadak melihat mobil yang diduga milik pelaku. Korban lalu melaporkan ke rekan sesama mitra Babinsa, yang kemudian dilanjutkan ke Intel Kodim Serma Adnan.

"Anggota langsung meringkus pelaku saat berada di dalam rumah H Soleh. Dan ternyata di sana ia tengah meminta jatah preman dengan mengaku anggota polisi. Saat dimintai kartu anggotanya tidak bisa menunjukkan lalu kami geledah tadi," ungkap Steffie.

Petugas Kodim lalu menggeledah badan Parsiman dan ditemukan sepucuk pistol. Penggeledahan berlanjut ke mobil yang dikendarai pelaku. Di sana petugas menemukan 2 pistol dan 1 senapan mainan.

"Ada 20 peluru tajam kaliber 9 mm dan seragam polisi berpangkat Bripka dari dalam mobil X-Over nomor polisi B 1433 BFS putih milik pelaku," kata Steffie.

Setelah diamankan di Kodim 0502, pelaku serta barang bukti diserahkan ke Polres Jakarta Utara untuk dilakukan pemeriksaan dan pengembangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.