Sukses

Usai Erupsi Anak Rinjani, Bandara Lombok Dibuka Kembali

Operasional Bandara Internasional Lombok dan Selaparang sudah dibuka kembali mulai pukul 08.00 Wita.

Liputan6.com, Mataram - Operasional Bandara Internasional Lombok dan Selaparang di Nusa Tenggara Barat (NTB) dibuka kembali Kamis (12/11/2015) pukul 08.00 Wita. Bandara tersebut sempat ditutup akibat abu vulkanik erupsi Gunung Barujari yang merupakan anak Gunung Rinjani.

"Operasional Bandara Internasional Lombok (BIL) dan Selaparang sudah dibuka kembali," ujar Kepala Bidang Urusan Umum dan Humas PT AP I BIL I Gde Sandi Asmadi di Mataram.

Dia mengatakan, keputusan dibukanya kembali operasional Bandara Internasional Lombok dan Selaparang telah mendapatkan persetujuan Kementerian Perhubungan, pihak Angkasa Pura I, Airnav, airlines, otoritas bandara, dan gambaran dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"Setelah melihat data VAAC dan hasil citra satelit cuaca Himawari kondisi cuaca BIL dan Selaparang aman untuk penerbangan," kata Sandi.

Akibat erupsi Gunung Barujari di NTB, Bandara Internasional Ngurah Rai di Bali juga sempat ditutup. Bandara kembali dibuka pada Senin pagi.

"Bandara sudah beroperasi kembali pukul 06.45 Wita karena dari data BMKG, abu Barujari menjauhi Bali," beber Co-General Manajer PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Ngurah Rai, I Gusti Ngurah Ardita di Kuta, Kabupaten Badung. (Ant/Mvi/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini