Sukses

RIP Bangalore, Welcome Bengaluru

Selamat tinggal Bangalore India. Tak akan ada lagi nama kota itu. Bukan hilang, tapi berganti nama menjadi Bengaluru.

Liputan6.com, Bengaluru: Selamat tinggal Bangalore India. Tak akan ada lagi nama kota itu. Bukan hilang atau mati, tapi berganti nama menjadi Bengaluru.

Dikutip dari BBC, Sabtu (1/11/2014), ibukota teknologi India itu secara resmi dikenal sebagai Bengaluru pada hari ini. Setelah delapan tahun pengajuan perubahan nama yang diajukan pihak negara bagian.

Alasan perubahan pengajuan nama adalah karena Bangalore -- yang dalam bahasa setempat, Kannada Bengaluru -- dianggap kebarat-baratan oleh politisi serta sejarawan lokal.

Selain Bengalore yang berubah menjadi Bangaluru, 11 kota lain di Negara Bagian Karnataka yang juga berada di dalamnya juga dikabarkan akan memiliki nama baru.

Bengaluru adalah rumah bagi ratusan perusahaan IT, kota ini dikenal sebagai 'India Silicon Valley'.

Selama beberapa tahun terakhir, nama Bengaluru telah dipopulerkan untuk mendeskripsikan Bangalore. Tapi penetapan secara resminya baru disetujui oleh pemerintah federal India awal bulan ini.

Wartawan BBC Hindi Imran Qureshi mengungkapkan, perubahan nama resmi Bangaluru itu menyebabkan perdebatan. Beberapa kalangan mengatakan langkah tersebut mungkin berdampak pada reputasi global kota itu.

Sementara yang lain mendukung kelahiran Bengaluru. "Orang-orang akan segera terbiasa dengan hal itu," jelas Imran.

Bengaluru yang dulunya bernama Bangalore adalah ibukota dan kota terbesar di negara bagian India Karnataka. Kota ini juga disebut 'Kota Taman' karena taman-taman, bunga, dan pepohonannya yang indah.

Bengaluru merupakan kota terbesar ketiga dan metropolitan terbesar kelima, dengan populasi pada 2001 sebesar 6,5 juta. Sebelum 1 November 2006, nama kota ini adalah Bangalore.

Setelah India mendapatkan kemerdekaan pada 1947, Bangalore -- yang kini Bengaluru -- berevolusi menjadi sebuah pusat produksi untuk industri berat seperti Hindustan Aeronautics Limited. Bahkan Indian Space Research Organization juga bermarkas di sana. Dalam dekade terakhir, pembentukan perusahaan teknologi tinggi di saba sukses, menjadikan kota itu dijuluki sebagai kota IT.

Perusahaan IT di Bengaluru mempekerjakan sekitar 30% dari satu juta profesional IT India.

Kota ini juga merupakan pusat pelatihan bagi Angkatan Udara India, Madras Engineering Group (EMG), dan polisi militer pusat serta Angkatan Bersenjata India.

Bengaluru merupakan pangkalan ilmiah India dan merupakan tempat universitas riset tertua India, Indian Institute of Science. Institut riset lainnya termasuk Indian Institute of Astrophysics, the Raman Research Institute, the Jawaharlal Nehru Centre for Advanced Scientific Research, the National Center for Biological Science dan the Indian Statistical Institute. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini