Sukses

Menteri Marwan Jafar Ingin Rakyat Bangga Jadi Transmigran

Menteri Marwan Jafar akan memerhatikan faktor kenyamanan untuk para transmigran.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan ‎Transmigrasi Marwan Jafar mengatakan dirinya mempunyai keinginan untuk mengubah stigma atau pandangan negatif tentang orang transmigran di mata masyarakat itu sebagai 'orang buangan'.

Untuk mewujudkan keinginannya itu, Marwan akan memulainya dengan cara melakukan pembangunan pada sejumlah daerah-daerah transmigrasi di Indonesia. Dan pembangunan tersebut, ungkapnya, akan memerhatikan faktor kenyamanan untuk para transmigran nantinya.

"Jadi transmigran itu harus sesuatu yang membanggakan. Bukan orang buangan, tetapi membanggakan. Dan itu harus kita sosialisasikan secara massif ke seluruh masyarakat," kata Marwan di Jakarta, Kamis (30/10/2014).

Marwan pun mengatakan bidang transmigrasi yang kini ditanganinya itu merupakan suatu hal yang menarik. Dia mencontohkan, bagaimana caranya agar orang Jawa mau atau tertarik untuk ditransmigrasikan ke Papua, dimana di sana masih banyak lahan yang luas.

"Kenapa orang belum tertarik ke Papua. Misalnya orang Jawa, ditransmigrasi ke Papua itu merasa nyaman. Misal karena konflik kesukuan. Nanti kita kerjasama dengan TNI/Polri. Sehingga orang merasa nyaman, nggak ada gangguan. Menjadi rumah Indonesia-lah," kata dia.

Hal-hal yang menghambat seperti itulah katanya yang harus diurai bersama-sama oleh seluruh 'stakeholder' di Indonesia. "Makanya nanti kita selesaikan. Untuk ini memang dibutuhkan kerja sama dengan berbagai pihak yang berkaitan," kata politikus asal PKB ini.

Selain Papua, Marwan pun mengatakan pihaknya juga akan melakukan pembukaan lahan-lahan transmigrasi di sejumlah daerah yang ada di Indonesia. Hal tersebut, katanya bertujuan untuk mewujudkan pemerataan pembangunan yang menjadi cita-cita Presiden Jokowi.

"Kita akan membuka lahan transmigrasi seluas-luasnya, daerah transmigran itu. Dan transmigrasi ini jadi sesuatu yang menarik bagi masyarakat. Karena pada dasarnya luas lahan kita di Indonesia ini sangat banyak. Makanya kita harus terus menerus memberdayakan itu," kata dia.

Lebih lanjut, Marwan juga menceritakan dirinya pernah melihat seorang transmigran berhasil menjadi seseorang yang sukses di daerah transmigrasinya. "Banyak yang sukses, dengan ketekunan yang akan kita pacu terus. Itu akan jadi salah satu titik sentral kita," tandas Marwan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini