Sukses

Eks Tim Transisi: Bocorkan Calon Menteri Langgar Rahasia Negara

Nama-nama calon menteri Jokowi-JK yang diajukan kepada KPK maupun PPATK merupakan dokumen negara yang bersifat sangat rahasia.

Liputan6.com, Jakarta - Susunan kabinet pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) belum diumumkan. Namun nama-nama calon menteri kabinet Jokowi-JK yang diduga bocoran dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah beredar luas di kalangan publik.

Menanggapi beredarnya nama-nama tersebut, mantan Deputi Tim Transisi Andi Widjajanto menegaskan, bila memang benar nama-nama yang telah dilaporkan bocor ke publik, pelakunya telah melakukan tindakan pembocoran rahasia negara.

"‎Nama (calon menteri Jokowi) itu rahasia negara, yang nyebut nama itu melanggar rahasia negara. Kami keras tidak menyebut nama," ujar Andi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu, (22/10/2014).

Menurut Andi, setiap dokumen yang masuk berasal dari presiden, seperti nama-nama calon menteri yang diajukan kepada KPK maupun PPATK merupakan dokumen negara yang bersifat sangat rahasia.

Karena itu dirinya menyayangkan bila informasi tersebut benar-benar bocor. "Dokumen yang diserahkan KPK dan PPATK itu sangat rahasia," ucap dia.

Ia pun mengatakan, menanggapi hal tersebut, Jokowi yang hingga saat ini belum menyampaikan susunan kabinet pemerintahan akan terus melakukan klarikafikasi terkait nama-nama yang telah beredar. "Pak Jokowi akan klarifikasi terus-menerus," pungkas Andi Widjajanto. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini