Sukses

Menlu John Kerry Pimpin 5 Delegasi AS Hadiri Pelantikan Jokowi

Menlu AS John Kerry akan memimpin delegasi yang terdiri dari lima pejabat AS menghadiri acara pelantikan Presiden terpilih Jokowi.

Liputan6.com, New York - Presiden Amerika Serikat Barack Obama telah mengumumkan penunjukan delegasi kepresidenan Amerika, yang akan menghadiri pelantikan Jokowi sebagai presiden terpilih Indonesia pada Senin 20 Oktober mendatang.

Dilansir dari VOA News, Sabtu (18/14/2014), Obama mengutus Menteri Luar Negeri John Kerry, sekaligus menjadi pemimpin 5 delegasi dari negaranya.

"Mereka yaitu Duta Besar Amerika Untuk Indonesia Robert O Blake, Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Urusan Asia Timur dan Pasifik Daniel R. Russel, Direktur Peace Corps Carolyn Hessler-Radelet, Kepala Wakil Menteri Luar Negeri Urusan Asia Timur dan Pasifik yang juga mantan Duta Besar Amerika Untuk Indonesia Scott Marciel, serta Wakil Menteri Pendidikan Untuk Pendidikan Bahasa Asing dan Internasional Mohamed Abdel-Kader," demikian seperti dimuat johnkerry.einnews.

Sekjen MPR Edi Siregar sebelumnya mengatakan, selain 9 kepala negara juga akan hadir, 8 utusan khusus mewakili negaranya masing-masing untuk hadir dalam perhelatan akbar 5 tahun sekali itu.

"Ada 9 kepala negara yang hadir dan 8 utusan khusus. Total ada 17 yang akan datang di pelantikan presiden nanti," ujar Edi di kediaman Ketua Umum PAN Hatta Rajasa, Fatmawati, Jakarta, Rabu 15 Oktober lalu.

Sejauh ini, sambung Edi, 9 negara yang sudah memastikan hadir, yaitu Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, Presiden Timor Leste Taur Matan Ruak, Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong, PM Malaysia Najib Razak, PM Republik Haiti  Laurent Salvador Lamothe, Gubernur Jenderal Papua Nugini  Michael Ogio, Presiden Iran Hassan Rouhani dan Ketua Parlemen Iran Ali Larijani Iran, PM Australia Tony Abbott, serta wakil PM Thailand Prayut Chan-o-cha.

Sementara itu untuk utusan khusus di antaranya, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Menteri Luar Negeri Inggris, Menteri Federasi Rusia, Utusan Khusus Tiongkok, Utusan Khusus Vietnam, Menteri Luar Negeri Belanda, Menteri Luar Negeri Selandia Baru, dan Mantan Perdana Menteri Jepang.

24 Ribu personel gabungan dari kepolisian, TNI, dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah disiapkan mengamankan jalannya pelantikan Jokowi-JK di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta Pusat. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini