Sukses

Bibit Samad Kecewa Pemberantasan Korupsi Cuma Bergantung pada KPK

"Seolah-olah hanya KPK yang menangani korupsi," kata mantan Wakil Ketua KPK Bibit Samad.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bibit Samad Rianto mengaku kecewa dengan orientasi serta harapan pemberantasan korupsi belakangan ini. Ini lantaran, untuk memberantas korupsi masyarakat seolah-olah hanya bertumpu pada KPK saja.

Padahal, kata Bibit, kejahatan yang masih marak terjadi di Indonesia ini tidak dapat ditumpas tanpa keterlibatan masyarakat dalam hal pencegahan dan penangkalan.

"Seolah-olah hanya KPK yang menangani korupsi. Padahal, masyarakat juga harus kita libatkan, terutama dalam upaya pencegahan dan penangkalan," ujar Bibit Samad Rianto dalam diskusi bertajuk 'Mengawal Anti Korupsi Pemerintahan Jokowi' di Cikini, Jakarta, Minggu (12/10/2014).

Untuk itu, lanjut Bibit, pandangan terhadap perilaku korup harus segera diubah. Semua pihak jangan hanya menyoroti kasus-kasus besar. Tetapi kasus kecil ataupun kebiasaan-kebiasaan yang mengindikasikan perilaku korup dalam kehidupan sehari-hari juga harus diperhatikan.

"Kita dorong masyarakat menganggap korupsi adalah kejahatan. Kejahatan yang luar biasa. Tidak bisa ditangani dengan KUHAP (Kitab Hukum Acara Pidana) biasa," jelas dia.

Dengan terpilihnya Jokowi-JK sebagai pasangan presiden mendatang, Bibit pun berharap agar pemerintahan ini dapat lebih masih melakukan upaya tidak hanya pemberantasan, melainkan juga soal pencegahan korupsi.

"Siapa pun presidennya silakan. Asalkan berani memberantas korupsi, kita dukung sepenuhnya, dan masyarakat kita ajak," pungkas mantan Wakil Ketua KPK yang pernah dikriminalisasi pada kasus 'cicak vs buaya' itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi
    Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi

    KPK

  • Korupsi adalah penyalahgunaan uang negara (perusahaan, organisasi, yayasan, dan sebagainya) untuk keuntungan pribadi atau orang lain.

    Korupsi

  • Bibit Samad

Video Terkini