Sukses

SBY dan Fraksi Demokrat Bahas RUU Pilkada di Hotel Sultan

Pertemuan ini juga sebagai konsolidasi dan pembekalan kepada kader Demokrat yang akan dilantik menjadi anggota DPR.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengumpulkan seluruh anggota DPR dari partainya di Hotel Sultan, Jakarta. Pertemuan ini terkait sikap Demokrat dalam rapat paripurna pengesahan RUU Pilkada pada Jumat dini hari, 26 September silam.

Selain mengenai sikap anggota Fraksi Demokrat yang walk out sebelum voting dalam rapat tersebut, pertemuan ini juga sebagai konsolidasi dan pembekalan kepada kader Demokrat yang akan dilantik menjadi anggota DPR besok.

"Pokoknya hari ini kita konsolidasi. Kalau namanya konsolidasi, semuanya dibahas. Ini kan juga persiapan untuk anggota DPR yang akan dilantik besok," ujar Ketua Harian Partai Demokrat Syarief Hasan di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (30/9/2014).

Sementara, mengenai langkah lain atau plan B yang pernah disampaikan SBY untuk memperjuangankan Pilkada secara langsung, menurut Syarief, hal itu belum tentu dibahas dalam pertemuan. "Saya belum tahu," kata dia.

Pada kesempatan itu, Syarief juga kembali menegaskan bahwa partainya tidak pernah berubah sikap dalam RUU Pilkada. Demokrat lanjut Syarief, sejak awal terus mengupayakan agar DPR mengesahkan Pilkada secara langsung.

"Yang jelas Pak SBY sudah instruksikan kita untuk memilih Pilkada langsung dengan 10 perbaikan. Dan meminta pada anggota DPR Demokrat berjuang mengegolkan itu. Itu harus berjuang. Jadi bahwa ternyata kita lihat di paripurna di lobi, tidak ada satu pun yang mendukung opsi PD. Padahal itu yang terbaik," pungkas Syarief Hasan. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.