Sukses

50 Hari Konflik Gaza, Israel Habiskan Rp 29, 5 Trilun

Sebagian besar biaya perang Israel, digunakan untuk sekitar 6.000 serangan ke Gaza.

Liputan6.com, Yerusalem - Konflik selama 50 hari antara Israel-Gaza ternyata menghabiskan dana tak sedikit. Pihak Israel mengaku telah menghabiskan sekitar US$ 2,5 miliar atau sekitar Rp 29.5 triliun.

"Sebagian besar biaya perang itu digunakan untuk sekitar 6.000 serangan yang dilakukan pasukan Israel terhadap berbagai lokasi di Gaza, kebanyakan serangan udara," kata Menteri Pertahanan Israel Moshe Yaalon seperti dimuat VOA News, Kamis (4/9/2014).
 
Yaalon juga menguraikan, Israel menghabiskan dana US$ 100 ribu atau sekitar Rp 1,1 milair setiap kali sistem pertahanan misil Iron Dome menembak jatuh sebuah roket yang ditembakkan Hamas ke mereka. Hamas diketahui telah menembakkan sekitar 600 roket ke Israel.

Yaalon mengakui, meski telah digempur berminggu-minggu, Hamas masih memiliki sisa persenjataan yang memadai. Ia mengatakan faksi tersebut telah meluncurkan 10.000 bahan peledak dan saat ini masih punya sekitar 2.000 rudal.

Dalam konflik antara Israel-Gaza sejak 8 Juli hingga 26 Agustus, lebih dari 2.100 orang Palestina tewas dalam konflik itu. Sebagian besar yang meninggl adalah warga sipil.

Sementara dari kubu israel, 72 orang dilaporkan meninggal, termasuk enam tentara.

Kedua pihak -- Gaza dan Israel -- sepakat melakukan gencatan senjata tanpa batas pada pekan lalu.  Mereka juga akan segera memulai perundingan lebih jauh di Kairo tentang isu-isu yang masih diperdebatkan.

Di antaranya adalah tuntutan Israel agar Hamas dilucuti persenjataannya, dan permintaan Palestina agar Israel mencabut blokade atas Gaza serta membuka sebuah pelabuhan dan bandara. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.