Sukses

Kampanye Perubahan Iklim Lewat Komik Noru

Pemerintah Inggris terus berkomitmen berkampanye perubahan iklim dan dampaknya melalui berbagai program.

Citizen6, Jakarta Pemerintah Inggris terus berkomitmen berkampanye tentang perubahan iklim dan dampaknya melalui berbagai program. Kali ini Duta Besar Inggris untuk Indonesia Stuart Bruce Kampanyekan Perubahan Iklim Lewat Komik Noru.

Bruce mengatakan komik Noru asal Korea Selatan yang bisa diakses melalui situs noruIndonesia.com ini sangat unik dan brilian. Ini adalah yang pertama kalinya topik yang sangat serius bisa diceritakan melalui sebuah serial cerita. Bukan untuk menggurui orang lain tapi dalam sebuah komik yang tidak hanya menceritakan kisah yang menarik.

"Ini keren, perubahan iklim diceritakan dalam sebuah komik manga," ujar Bruce yang juga fasih berbahasa Indonesia di Grand Indonesia, Jakarta , Rabu 2 Maret 2014 kemarin.

Ia menambahkan dengan karakter yang kuat dan alur cerita yang dramatis akan membuat kita semakin penasaran dengan episode selanjutnya. Menurutnya, kampanye ini sangat efektif menyasar kelompok muda, karena rata-rata mereka menyukai bacaan komik seperti halnya dirinya yang juga menyukai komik dari masa remaja hingga saat ini.

Ketua Dewan Nasional Perubahan Iklim Amanda Katili menyatakan, kampanye perubahan iklim melalui budaya populer di media sosial dan online sangat efektif. Hal ini berdasarkan kesimpulan 2 peneliti Amerika Serikat yang menyatakan kesuksesan kampanye melaui mobile of communication melalui Twitter masih berlaku sehingga terbentuk opinion leadernya lalu ke masyarakat.

Karena itu, dirinya mendukung kampanye perubahan iklim dengan komik manga dan diposting ke sosial media seperti facebook dan Twitter.

Vokalis group band Nidji, Giring Ganesha mengaku prihatin dengan dampak perubahan iklim yang mengakibatkan beberapa hewan langka di Indonesia mulai punah. Setelah membaca komik ini, ia pun dapat belajar banyak tentang perubahan iklim.

"Yang saya suka dari komik ini yaitu berbahasa Indonesia dan ceritanya sangat luar biasa," tukas Giring. (Mar)

Penulis
Adi Hasan
Jakarta, adi_bemuixxx@yahoo.co.id

Baca juga:
5 Tips Agar Berpacaran Selalu Menyenangkan
Cinemaholic: Nobar `Crush` Bareng Cherrybelle
6 Tips Aman dan Nyaman Menggunakan Angkutan Umum


Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai Rabu 19 Maret 2014 sampai dengan 3 April 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Apa Arti Pemilu Buatmu". Ada hadiah utama LinkSys Smart Wi-Fi Router untuk satu pemenang dan merchandise spesial untuk 5 tulisan terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini