Sukses

[VIDEO] Kabut Asap Pekanbaru Capai Level Sangat Tidak Sehat

Pencemaran udara akibat kabut asap di Pekanbaru, Riau telah mencapai level sangat tidak sehat atau 1 tingkat sebelum fase sangat berbahaya.

Liputan6.com, Pekanbaru Hingga Minggu siang, kabut asap masih menyelimuti kawasan Riau. Indeks status pencemaran udara bahkan telah sampai ke level sangat tidak sehat atau 1 tingkatan sebelum sampai ke fase sangat berbahaya.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (9/3/2014), lebih dari 40 ribu warga Riau dilaporkan terjangkit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Dari pantauan udara terlihat keberadaan perambah liar di kawasan Hutan Cagar Biosfir, Bukit Batu. Bedeng-bedeng tumpukan kayu dan areal yang baru saja dibuka berada di tengah lebatnya hutan. Tim satgas penanggulangan kebakaran lahan dan hutan akhirnya menangkap 6 penjarah dan pembakar lahan.

Kabut asap dari propinsi Riau juga dirasakan masyarakat Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat. Kini kabut asap pun mulai mengganggu transportasi darat di jalur Lintas Sumatera. Jarak pandang hanya berkisar antara 50 hingga 100 meter, terutama pada waktu pagi dan sore hari.

Sementara di Provinsi Jambi, sudah 2 pekan kabut asap tebal menyelimuti wilayah ini. Sementara kebakaran lahan belum juga teratasi. Padahal Tim Manggala Agni terus bekerja keras mengatasi kebakaran lahan di 4 titik api. (Rizki Gunawan)

Karena pemerintah daerah belum bersikap, akhirnya sejumlah komunitas termasuk Jambi Independen berinisiatif membagikan masker gratis kepada masyarakat.

Baca juga:

[VIDEO] Kabut Asap Kembali Kepung Pekanbaru

71 Penerbangan di Bandara Pekanbaru Ditunda Akibat Kabut Asap

Kabut Asap Riau `Makan` Korban, 1 Orang Meninggal Dunia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini