Sukses

71 Penerbangan di Bandara Pekanbaru Ditunda Akibat Kabut Asap

Tertutupnya landasan pacu Bandara SSK II Pekanbaru, Riau membuat 71 penerbangan dari dan menuju bandara itu ditunda.

Liputan6.com, Pekanbaru - Landasan pacu Bandara Sutan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Riau tertutup kabut asap pekat, Sabtu (9/3/2014) siang. Akibatnya, penerbangan Silk Air dari Singapura terpaksa balik ke bandara asal karena tidak bisa mendarat.

"Silk Air sempat berputar-putar mencari celah pendaratan di Bandara SSK II. Karena pendaratan tidak memungkinkan, Silk Air terpaksa kembali lagi ke Singapura," kata Airport Duty Manager SSK II, Baiquni saat ditemui di ruang kerjanya.

Tak hanya Silk Air, Batik Air dari Jakarta tujuan Pekanbaru juga terpaksa dialihkan ke Batam. "Awalnya, pesawat sempat berputar-putar di udara. Akhirnya dialihkan ke Bandara Hang Nadim, Batam," jelas Baiquni.

Dijelaskannya, sekitar pukul 05.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB, penerbangan masih normal. Jarak pandang 1.000 meter. Lalu, pada pukul 10.15. WIB, jarak pandang semakin menurun. "Sekarang sudah di bawah 300 meter," kata Baiquni.

Saat ini ada puluhan keberangkatan dan kedatangan di Bandara SSK II yang terpaksa delay atau ditunda.

"Dari 80 penerbangan, hanya 9 yang terbang dan mendarat. Sisanya 71, terpaksa ditunda. Penundaan belum bisa dipastikan sampai kapan. Semuanya tergantung jarak pandang di Bandara SSK II," ucapnya.

Adapun keberangkatan yang ditunda antara lain Air Asia AK 1343 dari Pekanbaru tujuan Kuala Lumpur, Pelita Air EP 420 tujuan Jakarta, Batik Air ID 6855 tujuan Jakarta, Citilink QG 933 tujuan Batam, Garuda Indonesia GA 173 tujuan Jakarta, Air Asia QZ 8029 tujuan Medan dan Lion Air JT tujuan Jakarta.

"Sedangkan kedatangan yang ditunda adalah Silk Air MI 252 dari Singapura, Air Asia AK 1342 dari Kuala Lumpur ke Pekanbaru, Batik Air ID 6852 dari Jakarta, Garuda Indonesia GA 170 dari Jakarta, Lion Air JT 390 dari Jakarta, Garuda Indonesia GA 172 dari Jakarta dan Citilink QG 932 dari Batam," tandas Baiquni. (Muhammad Ali)

Baca Juga:

Kebakaran Hutan Makin Tak Terkendali, Riau Siaga I

Kabut Asap, 13 Penerbangan Bandara Pekanbaru Kembali Ditunda

2 Heli Kembali Dikerahkan Padamkan Kebakaran di Cagar Biosfer Riau

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini