Sukses

Iran Tepis Tudingan Israel: Pengiriman Roket ke Gaza Isu Zionis

Angkatan laut Israel mengklaim mencegat sebuah kapal bermuatan roket milik Iran Rabu kemarin. Dengan tujuan pengiriman senjata ke Gaza.

Liputan6.com, Teheran - Hubungan Iran dan Israel yang tak pernah akur makin tegang setelah negeri zionis mengumumkan angkatan lautnya mencegat sebuah kapal di Laut Merah Rabu 5 Maret kemarin. Israel mengklaim kapal tersebut mengangkut puluhan roket canggih milik Iran yang dibuat Suriah. Senjata itu disebut-sebut ditujukan pada gerilyawan Palestina di Jalur Gaza.

Namun, hari ini, Iran membantah tudingan tersebut. "Tuduhan itu sama sekali tidak benar. Pada prinsipnya  pesan atau gerakan dari sebuah kapal yang mengangkut senjata dari Iran ke Gaza bukan fakta," kata Deputi Menteri Luar Negeri Iran untuk Urusan Arab dan Afrika, Amir Abdollahian seperti dimuat Reuters, Kamis (6/3/2014).

"Tuduhan ini hanya didasarkan pada rekayasa berulang-ulang dan tidak berdasar media Zionis," tambah dia.

Korps Pengawal Revolusi Islam atau Islamic Revolutionary Guards Corps (IRGC) -- sayap militer Iran yang berada di bawah perintah pemimpin spiritual tertinggi Iran, Ali Khamenei juga membantah laporan tersebut, seperti dikabarkan kantor berita IRNA.

Lokasi tempat pencegatan dilakukan adalah di perairan antara Eritrea dan Sudan. "IDF (militer Israel) mencegah upaya penyelundupan persenjataan canggih Iran yang ditujukan untuk organisasi  teroris yang beroperasi di Jalur Gaza," kata pernyataan Israel. Negeri Zionis selalu melabeli pejuang Palestina dengan 'teroris'.

Tentara Israel mengklaim menemukan rudal M302 buatan Suriah dan mengatakan awak kapal yang dinamakan Klos-C mau bekerja sama dengan aparat. (Raden Trimutia Hatta)

Baca juga:

Bukti Terkuak! CIA Ada di Belakang Kudeta Iran 1953

PM Israel Desak Presiden Palestina Akui Negara Yahudi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.