Sukses

Pejaten Shelter Peduli Kucing & Anjing Terlantar

Hewan peliharaan yang harusnya disayang dan dilindungi saat ini banyak ditelantarkan (Pejaten Shelter)

Citizen6, Jakarta Kurangnya kepedulian masyarakat terhadap hewan peliharaan yang harusnya disayang dan dilindungi mengakibatkan banyak hewan yang ditelantarkan,  bahkan banyak juga hewan yang dibuang pemiliknya.

Pejaten Shelter (PS) adalah salah satu tempat persinggahan hewan yang kebanyakan di huni oleh kucing dan anjing. Hewan yang ada di tempat ini berasal dari jalanan. Ada pula beberapa yang dibuang pemiliknya karena sakit dan cacat.

Berawal dari kecintaannya terhadap hewan inilah, Susana Somali mendirikan Pejaten Shelter pada 2009. Perempuan yang berprofesi sebagai dokter ini menjadi penyelamat untuk 300 anjing dan 100 ekor kucing terlantar.

Tempat persinggahan hewan yang berlokasi di Jalan Pejaten Barat no. 45W, Jakarta Selatan ini selalu membersihkan keseluruhan anggota badan hewan yang baru masuk rumah persinggahan agar tidak menularkan virus dari luar.

Setiap bulannya, rumah penampungan Pejaten membutuhkan 20 kg makanan anjing kering, 50 liter beras, dan 10 kg kepala ayam untuk memenuhi kebutuhan makan 300 anjing dan diperlukan biaya Rp 250 setiap bulannya untuk makanan, vitamin dan perawatannya.

Budi salah satu pengunjung yang pernah datang ke Pejaten Shelter, Senin 3 Maret 2014 mengungkapkan,"Di tempat persinggahan ini, tidak hanya ras kucing dan anjing yang bagus saja yang di tampung, tetapi segala macam jenis ras ada di sini."

"Pengunjung juga boleh mengadopsi anjing atau kucing yang ada di sana, dan kalau mau mengadopsi ada tim survey yang akan datang ke rumah untuk melihat layak atau tidaknya kita untuk mengadopsi," tambahnya. (Yule)

Berikut beberapa akun twitter yang peduli dengan adanya Pejaten Shelter:

‏Akun @hanumhanumhanum, menceritakan kedatangannya ke PS "Kucing2 dsana pd ky spiderman. Smua jago manjat dan lincah2 parrah #pejatenshelter."

Lalu di respon oleh akun ‏@pandufeb "bacain twit @hanumhanumhanum tentang kunjungan ke #pejatenshelter tadi sore jadi inget sama hewan2 beruntung yg "tidak beruntung".. Terharu."

Akun ‏@listi_amalia juga menjelaskan, "Begitu ketemu kita, kucing2 & anjing2 di #PejatenShelter lsg pada kegirangan :)) rebutan minta dielus..lucu banget!! @SahabatMeong."

Penulis:

Yulia Yulee

Baca Juga:

Suka Super Pedas, Coba Makanan khas Jogja ini

Wisata ke Ranca Upas Melihat Penangkaran Rusa
Kontes Cupang Nasional Diadakan di Purwokerto

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai Kamis, 20 Februari 2014 sampai dengan 6 Maret 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan "Pekerjaan Impian". Ada merchandise eksklusif dari Liputan6.com bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.