Sukses

Kontes Cupang Nasional Diadakan di Purwokerto

Seiring dengan makin dikenalnya ikan cupang sebagai ikan hias, animo masyarakat terhadap ajang kontes ikan cupang semakin tinggi.

Citizen6, Jakarta Animo masyarakat terhadap ajang kontes ikan cupang semakin tinggi dengan tingkat apresiasi yang terus berkembang dari waktu ke waktu.

Tingkat apresiasi yang tinggi dari para penggemar dan hobiis cupang hias pada dasarnya merupakan potret kecintaan dan ketakjuban terhadap sosok cupang hias yang memiliki keunggulan baik dari bentuk tubuh, bentuk tipe dan sirip, maupun warnanya.

Tidak mudah untuk mendapatkan cupang yang bagus, Mereka harus mencari strain atau keturunan baru yang benar-benar memiliki kelebihan dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Selain itu agar cupang berpeluang menjadi juara, harus dilakukan perawatan intensif. 

Keberhasilan memenangi kontes mempunyai bayak arti bagi penggemar dan hobiis cupang hias. Selain kebanggaan dan prestise, kemenangan dalam ajang kontes juga membawa pengaruh terhadap nilai jual cupang hias yang berhasil menjadi juara. Dengan kata lain, ajang kontes dapat pula diartikan sebagai sarana promosi dan pengukuhan sebagai breeder dan pakar cupang hias sejati.

Untuk memenuhi animo masyarakat itu, HIMAKUA ( Himpunan Mahasiswa Akuakultur) Universitas Jenderal Soedirman  mengadakan Betta Contest Fair.  Event ini adalah salah satu kegiatan dalam rangka merealialisasikan program kerja tahunan HIMAKUA  dalam bidang peningkatan pengetahuan seputar dunia perikanan.

Selain itu Himakua juga mengadakan kegiatan dengan Tema "Edukasi, Rekreasi, Inovasi, dan Kompetisi" yang sesuai dengan komponen acara yang akan dilaksanakan yaitu edukasi berhubungan dengan bazaar buku, kemudian rekreasi, yaitu adanya pameran ikan hias, inovasi yaitu berkaitan dengan olahan ikan, dimana Mahasiswa Budidaya Perairan dan kalangan masyarakat perikanan menciptakan aneka makanan yang diolah dari bahan baku ikan, dan kompetisi yaitu pada acara bergengsi yaitu  Kontes Cupang Nasional.

Sebelumnya, acara kontes cupang telah dilaksanakan pada Maret 2013, dengan berbeda kategori, yaitu kontes cupang 2013 merupakan Kontes Cupang Tingkat Regional Open. Namun pada 2014 ini, tingkatan nasional dengan kategori kelas yang dikonteskan lebih banyak.

Rencananya, Betta Contest Fair 2014 akan dilaksanakan pada Sabtu-Minggu, 29-30 Maret 2014 bertempat di Pendopo Pusat kegiatan Mahasiswa (PKM), Jalan Dr  Soeparno Karangwangkal, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia.

Tujuan dari diselenggarakannya acara ini antara lain memberikan ilmu pengetahuan  dan wawasan tentang variasi Ikan Cupang dan ikan hias lainnya, memberikan hiburan kepada masyarakat dari nilai estetika ikan cupang dan ikan hias lainnya, dan Menjalin tali silaturahmi antar pecinta ikan cupang dari berbagai daerah di nusantara. (Mar)

Penulis
Saprudin Udin
Purwokerto, saprudixxx@gmail.com

Baca juga:

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai Kamis, 20 Februari 2014 sampai dengan 6 Maret 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan "Pekerjaan Impian". Ada merchandise eksklusif dari Liputan6.com bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.