Sukses

Pameran Lukisan Impresionisme Pertama di Paris

Setelah aliran seni impresionis terlebih dahulu populer di Amerika Serikat dan sebagian Negara Eropa. Sejumlah lukisan impresionisme untuk pertama kali dipamerkan di Museum D`Orsay, Paris, Prancis.

Liputan6.com, Paris: Sebuah pameran lukisan gaya impresionisme digelar di Museum D`Orsay, Paris, Prancis, baru-baru ini. Pameran impresionis ini menjadi yang pertama di Prancis dan D`Orsay sebagai museum pertama yang memperoleh kesempatan menampilkan karya-karya impresionisme terkenal kepada para pecinta seni di Prancis.

Pameran yang bertajuk Neo Impresionism: From Seurat to Paul Klee itu menampilkan 120 lukisan dari akhir abad XIX hingga awal abad XX. Sejumlah karya pelukis impresionis ternama turut menghiasi dinding Museum D`Orsay. Di antaranya: Georges Seurat, Wassily Kandinsky dan Vincent van Gogh.

Menurut kurator Museum D`Orsay Serge Lemoine, pihaknya sedang berusaha memperkenalkan aliran impresionis pada warga Prancis. Khususnya hasil karya pelukis asal negeri sendiri, seperti Georges Seurat. Seurat lahir di Paris pada 1859 dan dia dianggap sebagai bapak aliran Neo Impresionisme Prancis. Julukan tersebut dia peroleh setelah menemukan teknik melukis pointilisme. Teknik tersebut adalah menciptakan efek cahaya mengunakan titik-titik warna hingga menghasilkan sebuah lukisan yang indah.

Dalam pameran itu, pihak D`Orsay memajang 11 lukisan karya Seurat, termasuk karya terkenalnya A Sunday On La Grande Jatte. Pameran tersebut menurut rencana digelar hingga 10 juli mendatang.(ZIZ/Yes)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.