Sukses

Perilaku Hiu Putih Besar Diteliti di Australia

Sebuah penelitian mutakhir di Australia, mengungkapkan hiu putih besar adalah hewan pemburu yang sangat luas daerah buruannya. Hasil penelitian tersebut dilakukan dengan menggunakan sistem penanda satelit.

Liputan6.com, Lincoln: Sejumlah ilmuwan lembaga penelitian Csiro di Kota Lincoln, Australia, baru-baru ini meneliti tingkah laku hiu putih besar (Carcharocles megalodon). Ternyata, hiu putih besar atau disebut great white shark itu mempunyai wilayah perburuan dengan jelajah yang luas.

Satwa laut ini banyak ditemukan di pantai bagian Selatan Australia. Salah satu yang terbesar tercatat mempunyai panjang empat meter dengan berat 3,65 ton. Namun, penelitian terhadap kehidupan hiu putih besar itu tergolong minim.

Minimnya informasi tentang hiu putih besar itu mendorong para ilmuwan menelitinya. Caranya, mereka memasang kepingan penanda kepada empat ekor hiu pemburu tersebut di dekat Pelabuhan Lincoln. Nantinya, sinyal dari keping penanda yang dimasukkan dalam sirip punggung hiu putih besar ditangkap oleh satelit yang merekam lokasi hewan pemburu itu.

Para ilmuwan dari Csiro berharap, penelitian ini dapat memberikan informasi terbaru mengenai perilaku hiu putih besar. Apalagi, keping penanda yang dipasang tersebut bakal memberi informasi mengenai kegiatan binatang buas itu. Terutama aktivitas mencari makanan di sebuah lokasi sebelum akhirnya pergi ke lokasi perburuan baru. Sejauh ini, sistem penanda itu telah memetakan jalur keberadaan hiu putih besar. Yakni dari Queensland, Australia mengelilingi Pantai Selatan hingga ke Australia bagian Barat.(AIS/Uri)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.