Sukses

[Pekerjaan Impian] Lakukan Hobi yang Menghasilkan Uang

Banyak tipe pekerjaan yang kita impikan, sejak kecil mungkin bila ditanya maka saya atau banyak orang akan mengatakan ingin menjadi dokter

Citizen6, Jakarta: Banyak tipe pekerjaan yang kita impikan, sejak kecil mungkin bila ditanya maka saya atau banyak orang akan mengatakan ingin menjadi dokter, pilot, tentara, polisi dll, yang pada intinya profesi yang sering ditemui dikehidupan sehari-hari.

Namun tak jarang pula seiring bertambahnya usia orang-orang termasuk saya pun mulai merasionalkan pilihan pekerjaan yang kelak akan  ditekuni, karena semua akan bergantung dari bagaimana kita sekolah, belajar, dukungan orang tua dan lingkungan sekitar.
    
Pada masa kecil saya bercita-cita ingin menjadi dokter, namun impian tersebut kandas pada saat saya kelas 1 SMA , ternyata kemampuan matematika dan IPA saya terbilang cukup memuakan, baik itu dari segi semangat belajar dan hasil test yang saya lalui. Akhirnya pada kenaikan kelas 2 saya putar haluan untuk mendalami pelajaran yang berbau social, saya pun masuk kelas IPS.

Dan di kelas IPS ini saya menemukan hal yang berbeda, hal yang membuat sekolah saya tak terasa sebagai beban melainkan hobi. Bagaimana tidak, pelajaran macam akuntansi,sejarah,sosiologi dkk saya anggap sebagai mainan , dimana bila tidak memainkannya maka saya gelisah. Sejak saat itu saya makin mencintai pelajaran ilmu social, dan akhirnya saya berlabuh di fakultas Hukum Universitas Padjadjaran Bandung.
    
Balik lagi ke topik “pekerjaan impian”, saya rasa apapun pekerjaannnya asalkan sesuai dengan kemampuan apalagi ditunjang dengan hobi maka pekerjaan tersebut dapat dikualifikasikan sebagai pekerjaan impian. Sebagai contoh, teman saya yang gemar menggeluti dunia IT, kemudian dia menjadi programmer handal maka hobi nya itu mampu memberikan lebih dari sekedar kesenangan tapi juga memberikan benefit berupa gaji.

Lalu untuk bidang saya sendiri , saya menyukai menulis, dan saya pernah magang menjadi wartawan sebuah media online simamaung.com. Pada saat saya menjalani pekerjaan sebagai wartawan, saya lebih menganggap aktivitas saya disana sebagai penyalur hobi, disana saya belajar cara mewawancarai yang baik, tekhnik menulis berita dengan cepat dan cara memvideo sebuah pertandingan sekaligus mengedit nya menjadi sebuah highlight yang akan disaksikan para pelanggan media online.
    
Pekerjaan sebagai wartawan tersebut mengasah kemampuan softskill ,menyalurkan bakan dan dapat honor pula, awesome. Memang pekerjaan sebagai wartawan tidak menjadi prioritas utama bagi cita-cita saya, kareka cita-cita saya ingin menjadi seorang jaksa , dimana jaksa pun dituntut mampu menulis surat dakwaan untuk menjerat para pelaku pelanggar hukum. Namun menjadi seorang wartawan pun tidak kalah benefitnya dengan aparat penegak hukum.
    
Pada intinya , pekerjaan impian versi saya yaitu pekerjaan yang sekaligus menjadi hobi bagi para pelakunya. Terlepas wartawan dan jaksa lah versi pekerjaan impian saya,diluar sana banyak jenis-jenis profesi lainnya yang mungkin bisa menjadi hobi sekaligus pekerjaan yang mampu menghasilkan uang bagi temen-temen. So, make your hobby to be money (kw)

Penulis:

Banyak juga:

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai Kamis, 20 Februari 2014 sampai dengan 6 Maret 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan "Pekerjaan Impian". Ada merchandise eksklusif dari Liputan6.com bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini