Sukses

Kaisar Akihito Terima Dubes RI untuk Jepang

Duta Besar Dr. Yusron Ihza Mahendra, LL.M, menghadap Kaisar Jepang Akihito untuk menyerahkan Surat Kepercayaan.

Citizen, Tokyo: Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Jepang merangkap Federasi Mikronesia, Dr. Yusron Ihza Mahendra, LL.M, menghadap Kaisar Jepang Akihito untuk menyerahkan Surat Kepercayaan (Letter of Credentials) hari ini (Senin, 24 Februari 2014), pukul 11.00 waktu setempat.

Prosesi yang berlangsung selama kurang lebih 40 menit tersebut dimulai saat Dubes Yusron dijemput dengan kereta kuda kekaisaran dari Meiji Seimei Kan Building menuju Gerbang Selatan Istana Kekaisaran. Tiba di lokasi, Dubes Yusron disambut oleh Vice-Grand Master of the Ceremonies, Mr. Akio Hayashi untuk selanjutnya menuju Ruang Upacara (Ceremonial Hall).

Pada kesempatan tersebut, Dubes Yusron Ihza Mahendra menyampaikan salam hangat dan persahabatan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kepada Kaisar Akihito dan rakyat Jepang. Dubes Yusron juga menyampaikan keinginan kuatnya untuk dapat mendorong hubungan yang lebih erat di segala bidang antara Indonesia dan Jepang, bagi kesejahteraan rakyat kedua negara.

Dalam tanggapannya, Kaisar Akihito pertama-tama menyampaikan selamat menjalankan tugas sebagai Duta Besar RI di Jepang dan mengharapkan hubungan baik yang telah terjalin antara Indonesia dan Jepang dapat terus ditingkatkan. Kaisar juga menanyakan kabar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, dan berharap Presiden RI dalam keadaan sehat. Perbincangan singkat dengan Kaisar Akihito berlangsung cair dan hangat. Kaisar Akihito juga menanyakan beberapa hal terkait latar belakang Dubes Yusron yang pernah tinggal lama di Jepang pada masa studi dan setelahnya.

Kaisar Akihito didampingi oleh Mr. Ichita Yamamoto, Menteri Negara Kebijakan Sains dan Teknologi. Sementara Dubes Yusron didampingi oleh 6 pejabat KBRI Tokyo, masing-masing: Wakil Kepala Perwakilan, Jonny Sinaga; Koordinator Fungsi Protokol dan Konsuler, Idhi Maryono; Koordinator Fungsi Ekonomi, Bambang Suharto; Atase Pertahanan, Kol. M. Tawakal Sidiq; Koordinator Fungsi Penerangan dan Sosial-Budaya, Agus Heryana; dan Koordinator Fungsi Politik, Noorman Effendi.

Prosesi diakhiri dengan foto bersama di Gerbang Selatan oleh Grand Master of the Ceremonies, Mr. Nobutake Odano, untuk kembali menuju Meiji Seimei Kan Building.

Dengan penyerahan Surat-surat Kepercayaan tersebut, maka Dubes Yusron Ihza Mahendra dapat mulai secara penuh dan resmi melaksanakan tugas-tugasnya sebagai Duta Besar RI untuk Jepang. Biasanya, Duta Besar asing menunggu sekitar 2-3 bulan, namun Dubes Yusron yang tiba tanggal 24 Januari 2014 sudah dapat diterima hari ini.

Setibanya kembali di Wisma Duta, Dubes Yusron mengadakan syukuran sederhana yang dihadiri oleh seluruh Staf KBRI dan masyarakat Indonesia yang tinggal di Tokyo. (kw)

Penulis:
Agus Heryana

Baca Juga:
Sekolah Ambruk, Siswa Belajar Di Tempat Darurat

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai Kamis, 20 Februari 2014 sampai dengan 6 Maret 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan "Pekerjaan Impian". Ada merchandise eksklusif dari Liputan6.com bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.






 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.