Sukses

Jakarta Banjir Lagi, Jokowi Ogah Berlakukan Status Siaga

Jokowi tak akan melanjutkan status siaga darurat banjir Jakarta yang dicabut 10 Februari 2014 lalu.

Ibukota kembali terendam banjir akibat hujan deras yang mengguyur sejak kemarin hingga pagi tadi. Meski begitu, Gubernur DKI Jakarta Jokowi tak akan melanjutkan status siaga darurat banjir Jakarta yang dicabut 10 Februari 2014 lalu.

"Ndak..ndak, nggak perlu dibuat siaga banjir, kaya mengerikan saja Jakarta ini," celoteh Gubernur bernama lengkap Joko Widodo ini saat menghadiri acara pernikahan di kantor Kementerian Keuangan, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Minggu, (23/2/2014).

Mantan Walikota Solo ini menilai, penerapan status siaga banjir tidak lagi diperlukan. Yang terpenting saat ini, evakuasi dan penyaluran logistik ke wilayah-wilayah terdampak banjir.

Bagi Jokowi, kondisi Jakarta saat ini masih terbilang aman. Apalagi hujan yang turun tak seperti beberapa minggu lalu.

"Enggak-enggak-enggak, enggak ada siaga banjir atau darurat banjir. Sekarang dilihat, ke lapangan, masih (banjir) tidak. Ini juga mataharinya sudah keliatan, ndak hujan lagi," ucap Jokowi.

Yang terpenting saat ini kata Jokowi, pihaknya telah melakukan langkah antisipasi menghadapi kemungkinan akan terjadinya lagi hujan deras.

"Ya untuk evakuasi, logistik sudah rutinitas. Yang penting akar masalahnya diselesaikan, semua dalan proses, baik membangun waduk baru, baik waduk Mega Mendung, ciawi itu mulai diproses. Saya rasa akar masalahnya itu."

"Percuma kita bicara-bicara banyak, yang paling penting menyelesaikan akar masalahnya, itu yang bener," pungkas Jokowi. (Ndy/Ism)

Baca juga:
Jokowi Tak Perpanjang Status Siaga Darurat Banjir Jakarta
BNPB: Modifikasi Cuaca Kurangi 22% Hujan Jakarta
DPRD DKI: Status Darurat Buat Jakarta Mencekam

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.
    Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.

    Banjir

  • Banjir Jakarta