Sukses

Minim Perahu Karet, Ratusan Warga Pondok Gede Terjebak Banjir

Ratusan warga di Perumahan Pondok Gede Permai (PGP), Jatiasih, Kota Bekasi, rumahnya terendam luapan Kali Cikeas Sabtu 22 Februari petang.

Ratusan warga di Perumahan Pondok Gede Permai (PGP), Jatiasih, Kota Bekasi, rumahnya terendam luapan Kali Cikeas Sabtu 22 Februari petang. Hingga Minggu (23/2/2014) dinihari ratusan warga masih terjebak banjir dan membutuhkan penanganan evakuasi.

"Sejak dari Sabtu sore hingga malam ini kami terjebak di dalam rumah, kami ingin ke luar dari rumah namun belum dapat perahu," kata Iwan saat ditemui Liputan6.com di lokasi.

Menurut Iwan, air mulai masuk ke pemukiman warga sekitar pukul 15.00 WIB, akibat meluapnya Kali Cikeas. "Kondisi air terus naik, bahkan hingga malam ini ketinggian air di dalam rumah mencapai 3,5 meter lebih," ungkap dia.

Saipul (42), salah satu warga lainnya, mengatakan hingga malam ini belum ada tim evakuasi yang menjangkau sampai ke rumahnya. "Saya bersama dengan istri dan anaknya terjebak di atas rumah," kata Saipul.

Menurutnya, luapan Kali Cikeas merendam 3 RW, yaitu RW 8, RW 9, dan RW 10. "Kalau di depan rumah sekitar 3,5 meter. Di belakang rumah malah 4,5 meter. Itu masuk wilayah RW 10," tuturnya.

Saipul menyebut banjir yang terjadi kali ini persis seperti yang pernah terjadi pada tahun lalu.

"Saya belum tahu apakah ada tanggul yang jebol atau tidak."

Di RW 09, kata Saipul, tercatat ada 400 Kepala Keluarga. Sementara jumlah penghuni Perumahan PGP tercatat 1.200-an Kepala Keluarga.

"Bantuan yang kami butuhkan saat ini adanya perahu karet untuk evakuasi, dan logistik siap saji bagi warga yang masih bertahan," pungkas Saipul. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini