Sukses

150 Personel SAR Pemadam Kebakaran Siaga Banjir Jakarta

im SAR Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Jakarta Timur dalam posisi siaga untuk mengevakuasi warga.

Tinggi muka air di sepanjang Ciliwung diperkirakan masih akan naik. Tim SAR Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Jakarta Timur dalam posisi siaga untuk mengevakuasi warga.

"SAR Damkar siaga. Jumlah kita 150 anggota dan siap bergerak untuk melakukan evakuasi," kata Kepala Seksi Penanggulangan Bencana, Damkar Jakarta Timur Gatot Sulaiman dikawasan Kampung Pulo, Jakarta Timur, Sabtu (22/2/2014).

Dia menjelaskan, tim melakukan di beberapa titik rawan banjir seperti Kampung Pulo, Cipinang Melayu, Kalibata, Hakim, Ciracas, Cililitan dan Pasar Rebo. "Dari semua wilayah Jakarta Timur yang dalam kondisi aman Cakung dan Pulogadung," tegasnya.

Gatot berujar, patroli SAR sudah dilakukan untuk mengecek semua wilayah rawan. "Khusus Kampung Pulo kita siapkan unit khusus yang stand by. Ini ikon Jakarta timur," ujarnya.

Sementara, kekuatan personel lain berjaga di posko masing-masing. "Semua bergerak saat evakuasi harus dilakukan," sambung dia.

Selain siaga personel, Tim SAR Damkar juga telah menyiapkan 35 unit perahu karet. Ini disiapkan untuk melakukan evakuasi warga yang terjebak banjir.

Di Kampung Pulo, 1 perahu karet dan mobil SAR Damkar lengkap dengan personel telah siaga. Mereka nampak melakukan pemantauan muka air sungai Ciliwung yang melintas Kampung Pulo. Petugas terus melakukan laporan secara berkala melalui alat komunikasi yang mereka bawa. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.
    Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.

    Banjir