Sukses

Potongan Kepala di Jalan Solo-Yogya, Mutilasi atau Kecelakaan?

Untuk penyelidikan, bungkusan organ tubuh itu dikirim ke laboratorium forensik Polda Jateng.

Polres Klaten, Jawa Tengah, belum dapat menyimpulkan hasil temuan potongan kepala dan organ tubuh manusia dalam bungkusan tas plastik di Jalan Raya Solo-Yogyakarta pada Rabu 18 Februari 2014 kemarin. Untuk penyelidikan, bungkusan organ tubuh itu dikirim ke laboratorium forensik Polda Jateng.

"Dalam bungkusan plastik itu, ada bagian-bagian tubuh lainnya selain potongan kepala. Akan tetapi dalam bentuk serpihan-serpihan," kata Kapolres Klaten AKBP Nazirwam Adji Wibowo saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (20/02/2014).

Nazirwan menyatakan berdasar hasil otopsi sementara, bungkusan dalam plastik itu tak hanya kepala. Tapi juga ada bagian tubuh lainnya seperti potongan kuku kaki dan organ tubuh lainnya.

Temuan serpihan itu yang menyebabkan tim forensik kesulitan menyimpulkan. Apakah potongan organ tubuh itu adalah kasus korban pembunuhan mutilasi atau kecelakaan.

"Dokter forensik saja belum bisa menyimpulkan. Apalagi saya yang tidak punya basic forensik. Untuk penyelidikan lebih lanjut, hasil temuan itu sudah dikirim ke labfor Polda Jawa Tengah di Semarang," ungkapnya.

Polisi meminta waktu menyelidiki kasus ini lebih mendalam. Pihak laboratorium dan forensik Polda Jateng akan menyelidiki kasus tersebut yang kemungkinan hasilnya akan didapat pada akhir pekan ini. "Di Semarang, potongan tubuh itu dibersihkan, disusun dan sebagainya," imbuh Nazirwam.

Namun hasil penyelidikan sementara diketahui jenis kelamin dari temuan organ manusia dalam tas plastik itu adalah wanita tua berusia sekitar 60 tahun.  "Ciri lain dari perempuan itu adalah menggunakan jarik (kain) dan stagen (korset) serta ada bekas pen di kaki," jelasnya

Temuan tas plastik yang berisi organ manusia sebelumnya ditemukan di tengah Jalan Raya Solo-Jogja dalam kondisi hancur. Bungkusan plastik itu telah dilindas sejumlah kendaraan yang melintas jalan. (Ali/Ism)

Baca juga:

[VIDEO] Ditemukan Potongan Kepala Manusia di Jalan Solo-Yogya
Rekonstruksi Pembunuhan Suami, Saodah Menangis di Pelukan Polisi

Bule Tewas Bersimbah Darah di Kontrakan, Mobilnya Raib
[VIDEO] Hari Kelima, 1 Wisatawan Jepang Ditemukan Tak Bernyawa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.