Sukses

[VIDEO] Diterjang Lahar Hujan Kelud, Waduk Siman Kediri Jebol

Terjangan lahar hujan yang turun dari Gunung Kelud Selasa petang kemarin telah merusak sabuk Dam Siman di Kandangan, Kediri, Jawa Timur.

Dam Siman yang berada di Kandangan, Kediri, Jawa Timur tidak memiliki sabuk akibat diterjang lahar hujan yang turun dari Gunung Kelud, Selasa 18 Februari 2014 petang.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Kamis (20/2/2014), kerusakan sabuk dam terjadi karena lahar hujan yang turun membawa material dari letusan Gunung Kelud mengalir dengan deras.

Kondisi waduk menjadi makin parah jika lahar hujan datang lagi, mengingat hujan masih akan turun. Sementara Gunung Kelud masih menyimpan ribuan kubik material letusan.

Selain merusak dam, lahar hujan juga menyebabkan terjadinya pendangkalan waduk sehingga tidak mampu menampung air. Akibatnya, lahar hujan langsung mengalir dan merendam kawasan pertanian dengan luas mencapai ratusan hektar.

Selain merusak sabuk dam dan lahan pertanian, lahar hujan yang keluar dari Gunung Kelud juga menerjang belasan rumah di Kandangan, Kediri, Jawa Timur. Akibatnya beberapa rumah rusak.

Lahar hujan turun dari lereng Gunung Kelud Selasa petang dan melewati Kali Puncu, Kecamatan Puncu, Kediri, Jawa Timur yang hanya berjarak sekitar 5 kilometer dari Gunung Kelud. Lahar hujan ini bersifat panas karena membawa pasir abu bebatuan dan juga awan panas dari gunung. (Nfs/Riz)

Baca juga:

Si Misterius Gunung Merbabu
Tembus Sisa Banjir Lahar Dingin, Warga Nekat Pulang ke Rumah
7 Rumah Rusak Parah Diterjang Lahar Hujan Gunung Kelud

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini