Sukses

Rp 1 Triliun Disiapkan Rehab Rumah Korban Letusan Kelud

Pemprov Jatim akan membentuk tim gabungan untuk memverifikasi rumah dan bangunan milik warga yang rusak untuk segera dilakukan pergantian.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyiapkan anggaran sekitar Rp 1 triliun untuk merehabilitasi rumah milik warga di sejumlah daerah yang menjadi korban erupsi Gunung Kelud.

"Untuk rehabilitasi kawasan bisa mencapai lebih dari Rp 1 triliun. Tapi dana sebanyak ini tidak akan ditanggung Pemprov sendirian," ujar Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf di Surabaya, Rabu (19/2/2014).

Pihaknya mengaku anggaran itu ditanggung bersama dengan pemerintah pusat maupun pemerintah Kabupaten/Kota.

Tak hanya itu, Pemprov Jatim juga membentuk tim gabungan untuk memverifikasi rumah-rumah dan bangunan milik warga yang rusak untuk segera dilakukan pergantian.

Menurut Wagub yang akrab disapa Gus Ipul itu, asumsinya sekitar 20 ribu rumah yang rusak akibat Gunung Kelud meletus pada Kamis 13 Februari 2014 malam. Asumsi ini didasarkan pada jumlah pengungsi yang mencapai 80 ribu orang. Bila satu keluarga terdiri dari 4 orang, ada sekitar 20 ribu rumah yang harus diperbaiki.

"Tapi, tentunya ada rumah yang cuma rusak gentengnya, tapi ada juga yang rusak berat. Ini yang masih dilakukan pendataan," kata mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal tersebut.

Pemprov Jatim, kata dia, bakal mengutamakan rehabilitasi rumah dan sekolah karena merupakan objek vital yang harus segera diperbaiki. (Ant/Ali/Riz)

Baca juga:

Lukis Einstein dari Abu Kelud, Taufik Ingin Warga Move On Bencana
Jembatan Putus Akibat Lahar Kelud, Bantuan Dikirim ala Flying Fox
Kembali Beroperasi, Ribuan Penumpang Padati Bandara Adi Sutjipto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini