Sukses

Foto <i>Selfie</i> Saat Pemakaman, Tentara AS Diskors

LINK: Berpose sumringah mengelilingi peti mati berselimut bendera nasional AS, salah satu tentara yang dikenali akhirnya diskors.

Entah apa yang ada di pikiran sekelompok anggota tentara Amerika Serikat ini. Mereka yang tergabung dalam pasukan pemberi hormat dalam upacara pemakaman militer, justru berpose sumringah mengelilingi peti mati berselimut bendera nasional AS.

Salah satu dari tentara tersebut pun kemudian mengunggah foto itu ke akun Instagram-nya. Alhasil, si pengunggah, Terry Harrison mendapatkan hukuman dari kesatuannya.

Foto yang diunggah ke Instagram oleh anggota Batalion 1 Pasukan Penerbangan 147 yang bermarkas di Madison, Wisconsin, AS, itu bertuliskan 'Kami sisipkan kesenangan dalam upacara pemakaman  -- anggota Tentara Nasional dari berbagai negara bagian yang tak kenal takut'.

Tak lama berselang, postingan gambar itu pun banjir komentar bernada negatif.

Seperti salah satu komentar yang dimuat di BBC, Rabu (19/2/2014), dari seorang wanita yang mengaku sebagai istri dari anggota militer AS yang tewas. Dengan marahnya, wanita itu menuliskan sebuah komentar di halaman Facebook milik Tentara Nasional Negara Bagian Wisconsin tempat Terry bekerja.

"Saya sangat terkejut dan marah dengan sikap tidak sopan dan antipati yang ditunjukan kelompok ini," tulis wanita tersebut.

Atas apa yang dilakukannya, Terry pun diskors dari pekerjaannya sebagai tentara pemberi hormat dalam upacara pemakaman militer sampai waktu yang belum ditentukan.

"Spc. Terry Harrison diskors dari pasukan pemberi hormat dalam upacara pemakaman militer. Namun, dia masih bekerja seperti biasa di bagian lain," jelas juru bicara Tentara Nasional Negara Bagian Wisconsin Mayor Paul Rickert, seperti dikutip Liputan6.com dari CNN.

Paul menegaskan, hal yang dilakukan oleh Terry dan teman-temannya itu tidak menunjukkan nilai yang selama ini dianut oleh pasukan pemberi hormat dalam upacara pemakaman militer. "Upacara pemakaman militer adalah bentuk penghormatan terakhir terhadap para veteran dan keluarga mereka sehingga kami selalu menjalankan upacara tersebut dengan serius," jelas Paul.

Kepala Administrasi Militer Wisconsin Mayor Jenderal (Mayjen) Donald P Dubar mengaku ikut terkejut saat mengetahui kelakuan mengecewakan bawahannya.

"Saya terkejut saat melihat foto yang diunggah oleh anggota pasukan pemberi hormat dalam upacara pemakaman militer itu," aku Mayjen Donald.

Donald pun berpesan kepada seluruh tentara AS, agar tak melakukan tindakan-tindakan yang bertentangan dengan nilai-nilai yang ada di masyarakat. "Kami mengharapkan semua tentara baik itu angkatan darat maupun udara dapat mengamalkan nilai-nilai yang ada di masyarakat. Tak hanya dengan perkataan, tetapi juga dengan perbuatan," tutur Donald.

Tak lama setelah banjir komentar negatif, akun sosial media milik Terry pun di non-aktifkan. Terry adalah satu-satunya anggota Tentara Nasional Negara Bagian Wisconsin yang ada di dalam foto itu. (Ega/Tnt/Mut)

Baca juga:

Lokasi Banjir Kampung Pulo Jadi Ajang FotoSelfie

Foto `Selfie` Paling Tragis Tahun 2013 Picu Gerakan #notamartyr

[VIDEO] Foto Selfie Bareng Pangeran William, Remaja Jadi `Artis`

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.