Sukses

Ketakutan Akibat Dentuman Gunung Merbabu Menyebar ke 3 Kota

Ketakutan akibat gempa dan dentuman di Gunung Merbabu tidak hanya dirasakan oleh warga Dusun Krajan, Desa Sumogawe, saja.

Ketakutan akibat gempa dan dentuman di Gunung Merbabu tidak hanya dirasakan oleh warga Dusun Krajan, Desa Sumogawe, Kecamatan Gegatas, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Ketakutan itu ternyata menyebar ke daerah lain.

"Setelah ada ledakan di sini, saudara yang ada di Salatiga, Magelang, dan Boyolali, bilang di sana takut Merbabu meletus," kata Ketua RT 03 RW 02, Dusun Krajan, Desa Sumogawe, Hariyoto, saat ditemui Liputan6.com di kediamannya, Rabu (19/2/2014).

Menurut Hariyoto, kehawatiran ini cukup beralasan karena waktunya cukup berdekatan dengan meletusnya Gunung Kelud. Bahkan ada yang mengira suara itu dari Gunung Merapi. "Lebih takut lagi kalau itu ternyata dari Gunung Merapi. Sudah pada ketakutan semua," lanjut dia.

Beruntung, ketakutan yang meluas itu tidak jadi kenyataan. Sebab, dampak gempa dan dentuman itu hanya dirasakan warga Dusun Krajan saja. Bahkan, dusun terdekat dengan Gunung Merbabu pun tak merasakan apa-apa.

"Itu cuma di sini saja. Karena efek gempa di Kebumen. Wong di dusun paling atas sana nggak ngerasain apa-apa," ujar Hariyoto.

Menurut pakar gempa Danny Hilman Natawidjaja, data-data gempa yang belakangan disebut berkekuatan 2,7 skala Richter itu masih samar. Perlu penelitian mendalam untuk mencari tahu sumber getaran itu.

Namun, Danny menduga gempa itu berasal dari amblesan tanah di Gunung Merbabu. Sementara suara dentuman berasal dari rongga di dalam tanah yang ambles. (Eks/Yus)

Baca juga:
Penjelasan Ilmiah Dentuman Misterius di Gunung Merbabu
Warga Percaya Gempa Misterius Bukan dari Gunung Merbabu
3 Dusun di Kaki Gunung Merbabu Tak Dengar Dentuman Misterius

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gunung Merbabu

Video Terkini