Sukses

[VIDEO] Ngeri! Turbulensi, Pesawat Mendarat Lompat-lompat

Pesawat tersebut terlihat bergoyang-goyang ke kanan dan kiri. Terhempas tiupan angin. Mengerikan!

Anda takut naik pesawat? Mungkin sebaiknya Anda tidak menonton video ini. Tapi tak ada salahnya jika Anda ingin tahu bagaimana turbulensi itu terjadi dari rekaman kamera di luar badan pesawat.

Cuaca sangat ekstrem memang terjadi akhir-akhir ini. Bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia. Imbasnya, pengguna jasa transportasi udara yang ketar-ketir. Khawatir keamanan saat menggunakan moda transportasi itu.

Seperti yang dialami oleh pesawat Boeing 767 yang mendarat saat turbulensi di Birmingham Airport, Inggris. Dalam rekaman video yang beredar dilansir dari News.com.au dan dimuat Liputan6.com, Rabu (19/2/2014), pesawat tersebut terlihat bergoyang-goyang ke kanan dan kiri. Terhempas tiupan angin.

Dalam video yang juga diunggah di YouTube oleh flugsnug pada Minggu 16 Februari, pesawat berjuang melawan kencangnya tiupan angin saat mendekati landasan pacu. Ketika sudah sejajar dengan landasan pacu saat hendak mendarat, roda pendaratan burung besi itu pun menghantam keras landasan.

Melompat-lompat beberapa kali dalam kondisi badan pesawat masih bergoyang-goyang. Pilot pun tampaknya bekerja keras mengandalikan si burung besi agar mendarat, lalu pesawat itu memantul ke udara lagi. Mengerikan!

Beruntung tak ada penumpang yang cedera akibat insiden pendaratan itu. Penumpang di dalamnya diyakini bergegas turun setelah mendarat.

Hingga berita ini diturunkan, video berjudul landing gear banged to its limits itu telah ditonton 2.699.479 kali.

Turbulensi adalah sebuah keadaan yang ditandai ketidakstabilan dan timbul guncangan pada pesawat. Dilansir dari berbagai sumber, guncangan pesawat disebabkan oleh benturan massa udara yang datang dengan kecepatan cukup tinggi dari berbagai arah yang terjadi di kolom udara.

Kondisi itu yang mengakibatkan pesawat mengalami guncangan bahkan seperti dihempaskan. Kejadian ini mirip dengan melindas gundukan saat Anda mengendarai mobil di jalanan. (Tnt/Sss)

Baca juga:

Tabrak Gunung, Pesawat Militer Aljazair Terbelah 3

[VIDEO] Detik-detik Jatuhnya Pesawat Grand Caravan di Hawaii

[VIDEO] Pesawat Mendarat Singit, 2 Tewas Tapi Pilot Selamat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.