Sukses

One Billion Rising, Peduli Anti Kekerasan Pada Wanita

Kasus perkosaan dan kekerasan terhadap perempuan adalah sebuah krisis global.

Citizen6, Jakarta: Di tahun 2014 ini, One Billion Rising global mengambil tema Rise For Justice, sebagai pusat dari ruh gerakan One Billion Rising yang bisa mewujudkan dalam bentuk apa saja, bisa berbentuk permintaan maaf atau reparasi bagi korban melalui langkah hukum.

Kasus perkosaan dan kekerasan terhadap perempuan adalah sebuah krisis global. WHO menyatakan satu dari tiga perempuan di dunia mengalami kekerasan atau pelecehan seksual, dengan mayoritas rentang usia perempuan korban di ranah personal adalah 25 sampai 40 tahun.

Menurut catatan Komnas Perempuan, sepanjang tahun 2011 ada 119.107 kasus kekerasan terhadap perempuan dilaporkan, 4311 diantaranya adalah kasus kekerasan seksual dan mayoritas korban berusia 13-18 tahun. Di tahun 2012 terdapat 216.156 kasus kekerasan dan jumlah ini meningkat secara signifikan sebanyak 181 %.

Dengan adanya kasus kekerasan terhadap perempuan mendorong Indonesia turut bergabung dalam gerakan global One Billion Rising. One Billion Rising adalah panggilan global untuk perempuan, laki laki dan semua manusia dalam kesetaraan untuk menyatakan sikap anti kekerasan terhadap perempuan.

Pada tahun 2013, 217 negara terlibat dalam One Billion Rising yang diselenggarakan secara serempak pada tanggal 14 Febuari 2013. Indonesia sendiri berhasil menyelenggarakan One Billion Rising di 11 kota secara independen.

Di Indonesia, One Billion Rising for Justice akan berfokus pada keadilan bagi korban kekerasan, karena hingga saat ini korban belum mendapatkan keadilan dari hukum dan penegak hukum, bahkan dari masyarakat.

Gerakan OBR Indonesia ini menyerukan kepada semua orang agar menyatakan sikap untuk berhenti bersikap tidak peduli, karena sekarang saatnya kita berdiri dalam kesetaraan untuk keadilan bagi korban kekerasan seksual.(kw)

Penulis:
Yulia Yulee

Baca Juga:
Diet Kantong Plastik, Mulailah Hari ini

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini