Sukses

[VIDEO] 4 Alat Pos Pengamatan Gunung Kelud Rusak Akibat Letusan

Pascaletusan Gunung Kelud, pos pengamatan gunung kembali difungsikan. Namun pemantauan hanya mengandalkan 1 alat karena 4 lainnya rusak.

Setelah ditinggalkan selama 3 hari pascaletusan Gunung Kelud, Kamis 13 Februari 2014, pos pengamatan Gunung Kelud di Dusun Margomulyo, Kediri, Jawa Timur kembali aktif bekerja.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Selasa (18/2/2014), para petugas dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) hanya bisa mengandalkan 1 alat seismograf yang selamat dari letusan. Hal ini karena sejumlah alat lainnya rusak dan sudah tidak berfungsi saat terjadi letusan Gunung Kelud. Di antaranya alat seismograf digital, kamera pemantau, dan EDM tidak berfungsi karena rusak.

Hingga kini, Gunug Kelud masih dinyatakan dalam status Awas. Karenanya, baik warga maupun pengunjung diminta tidak mendekati kawasan bahaya dalam radius 10 kilometer dari puncak Gunung Kelud. (Nfs/Mvi)

Baca juga:

Letusan Kelud, Koperasi Susu Rugi Rp 436 juta per Hari
Hujan dan Kilat di Gunung Kelud Buat Warga Panik
BPDB Jateng: Dentuman Misterius Bukan dari Gunung Merbabu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.