Sukses

[VIDEO] Candi Borobudur Dibersihkan dari Abu Kelud

Abu vulkanik Gunung Kelud yang menyelimuti Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, mulai dibersihkan Senin pagi.

Abu vulkanik Gunung Kelud yang menyelimuti Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, mulai dibersihkan Senin pagi. Proses pembersihan candi warisan dunia ini dilakukan secara manual.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Senin (17/2/2014), pembersihan Candi Borobudur diawali dengan membuka cover mantol, penutup 72 stupa kecil dan 1 stupa induk oleh Tim Balai Konservasi Borobudur.

Pembersihan melibatkan ratusan relawan dari berbagai daerah, yakni personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan masyarakat sekitar.

Proses pembersihan Candi Borobudur ditargetkan selama 1 minggu. Selama proses pembersihan Candi Borobudur ditutup dari kunjungan wisatawan.

Ketebalan abu vulkanik yang menyelimuti Candi Borobudur setebal 5 milimeter. Kadar keasaman abu vulkanik Gunung Kelud lebih rendah dari abu vulkanik Gunung Merapi, sehingga batu andesit Candi Borobudur relatif lebih aman dari pelapukan. (Dan/Sss)

Baca juga:

Kubah Lava Hilang, Gunung Kelud Akan Membentuk Danau Seperti 1990

[VIDEO] Hujan Abu Kelud, Stupa Candi Borobudur Ditutup Mantel

Candi Borobudur dan Prambanan Ditutup Akibat Abu Gunung Kelud

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini