Sukses

Pengungsi Kelud di Sumber Pancor, Kepong Masih Butuh Bantuan

Tiga hari sudah warga yang berada disekitaran Gunung Kelud mengungsi diposko pengungsian yang dimana itu jarak aman dari letusan Kelud.

Citizen6-Surabaya: Tiga hari sudah warga yang berada disekitaran Gunung Kelud mengungsi di posko pengungsian yang yang berjarak aman dari letusan Kelud.

Kali ini saya bersama teman-teman mengunjungi posko pengungsian desa Kampung Baru yang berada di sekolah dasar desa Sumber Pancor, Kecamatan Kepong.

Pengungsi disini sebanyak 1487 jiwa, terdiri dari anak-anak sampe yang lanjut usia semua berada disana.

Keadaan di pengungsian Kampung baru ini cukup miris dan minim fasilitas, seperti posko-posko yang sebelumnya saya datangi.Di sini kondisi lampu padam serta untuk kebutuhan makan, minum maupun MCK,  mereka menunggu dari posko induk yang berada di depan kampung.

Maklum tempat pengungsian ini jarang ada yang tahu ataupun jarang terjamah. Lokasinya terletak di dalam gang di sebuah kampung.

"Hari pertama kami mengungsi disini, kondisinya sudah seperti ini: listrik mati dan kalo malam kita gelap-gelapan. Hari pertama juga kita makan sekali sehari. Itu pun dari posko yang ada di depan," ungkap salah satu pengungsi. Tak lama seorang ibu datang sambil menggendong anaknya yang sakit panas.

"Dari tadi pagi anak saya panas dok, sampai sore ini belum turun," ujar sang ibu kepada dokter yang jaga. Beruntung para dokter belum pulang. Mereka memeriksa pasien dalam keadaan gelap. Seorang asisisten dokter itu menggunakan senter untuk memeriksa si pasien. Diperlukan pasokan listrik di setiap posko pengungsian Gunung Kelud.

Menurut ketua SAR, di lokasi pengungsian,  kebanyakan mereka membutuhkan selimut, susu bayi, obat-obatan, sayur mayur, biskuit serta mainan anak-anak karena banyak anak-anak dengan fasilitas minim dan hiburan.

Para pembaca yang setia jika memang berniat membantu sodara kita, berikan kepada posko yang memang membutuhkan bahan pangan maupun selimut dan baju bekas layak pake. Seperti di posko pengungsian Kampung baru yang berada di desa Sumber Pancor, Kecamatan Kepong.
 
Penulis:
Haris Mei Nara

Baca Juga:
Bersihkan Abu Kelud, Warga Wates Jatuh dari Atap Rumah
#BiologiBebasBleduk: Awal Biologi Lebih Solid dan Menginspirasi

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini